Minggu, 07 April 2019

Kenali Ciri-Ciri Seseorang Kurang Konsumsi Serat

Kenali Ciri-Ciri Seseorang Kurang Konsumsi Serat

Minuman Berserat (Foto: Pixabay)

Yang sering kita ketahui, serat berguna untuk melancarkan pencernaan karena ia dapat mengikat air sehingga feses lebih mudah untuk dikeluarkan. Untuk itu, banyak orang bilang “Jangan lupa makan makanan yang berserat”. Nah bagaimana mengenali ciri-ciri orang yang kurang serat?

Dokter spesialis Gizi Klinis, dr. Putri Adimukti, M.Kes M.Farm, SpGK menyebutkan tubuh kurang serat bisa dengan mudah dikenali. Adapun tanda-tandanya adalah perut kembung, susah BAB (buang air besar), dan bisa juga kerap mengalami gangguan pencernaan lainnya.

“Tandanya sering kembung, buang angin sering, mual ini tanda umum ya gak cuman buat anak juga, susah BAB jadi bikin gak nyaman,” ungkap dr. Putri saat ditemui di Peluncuran Produk Fibre First di Watson Lotte Shopping Avenue, belum lama ini.

Adapun takaran serat yang dibutuhkan oleh orang Indonesia dewasa kata dr. Putri sekitar 25 sampai 35 gram per hari, sedangkan secara rata-rata umum orange di dunia 20 sampai 40 gram.

“Kebutuhan serat range 20 sampai 40 kebutuhan dewasa di Indonesia 25 sampai 35 gram sehari. Kelebihan serat pada beberapa orang ada yang 40 gram kelebihan beberapa orang diatas 70,” kata dr. Putri.

Kandungan serat tersebut bisa didapatkan dari buah dan sayur, dan serat yang cukup juga dapat membantu untuk menurunkan berat badan, mengurangi kolesterol. Konsumsi serat dapat menurunkan berat badan, kolestrol. Jangan lupa cukupi kamdungan lainnya seperti kebutuhan air, protein dan lain-lain,” beber dr. Putri.

Dia melanjutkan, jika dalam sehari seseorang belum bisa mencukupi serat dari buah dan sayur, masyarakat mendapatkannya dari produk serat dan nutrisi seperti FiberFirst. Produk yang diformulasikan khusus di Jepang ini mengandung bahan alami yang berasal dari sayur, buah dan biji-bijian.

Beberapa kandungan yang ada di dalamnya adalah Psyllium husk, yaitu serat alami yang dapat membersihkan saluran pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol dan gula darah. Selain itu terdapat juga kandungan inulin yaitu sumber gizi yang berfungsi untuk menyehatkan saluran pencernaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar