Jumat, 30 Agustus 2019

Minimalkan Efek Samping Kemoterapi dengan 4 Buah Ini.

Minimalkan Efek Samping Kemoterapi dengan 4 Buah Ini.

ilustrasi kemoterapi (pixabay.com)

Viralkan - Kemoterapi adalah salah satu rangkaian pengobatan untuk menyembuhkan kanker. Sayangnya, beberapa efek samping sangat bisa dirasakan. Contohnya saja pusing, mual, anemia, diare, stres, nafsu makan menurun, hingga sulit tidur. 

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir efek pascakemoterapi ini. Salah satunya dengan mengonsumsi buah-buahan tertentu. Situs Health Line dan Medical News Today menjabarkan empat di antaranya.

Ilustrasi jeruk. shutterstock.com

#Jeruk
Jeruk disarankan untuk dikonsumsi setelah kemoterapi. Pertama, karena kandungan tinggi vitamin C yang terbukti baik untuk meningkatkan dan memperkuat imunitas tubuh. Selanjutnya, vitamin C ini juga bisa mempercepat penyerapan zat besi dari makanan sehingga dapat melawan anemia. 

ADVERTISEMENT

Ilustrasi pisang. Unsplash/Elena Koycheva

#Pisang
Buah berwarna kuning ini juga disarankan bagi pasien kanker yang telah menjalani kemoterapi. Pisang mengandung serat berjenis pektin. Menurut berbagai penelitian, pektin sangat bermanfaat untuk menghentikan diare dan muntah yang disebabkan oleh kemoterapi. Karena pisang juga kaya kalium, buah ini pun mampu membantu mengisi elektrolit yang hilang karena dua hal ini.

Anggur. (AP Photo/Hussein Malla)

#Anggur
Anggur juga sangat disarankan untuk dikonsumsi setelah kemoterapi. Menurut berbagai penelitian, penyebabnya adalah kandungan senyawa likopen yang banyak ditemukan dalam buah berwarna ungu ini. Likopen adalah karotenoid dengan sifat antikanker yang kuat sehingga efek samping seperti rasa pusing dan vertigo akibat terapi pun bisa diminimalisir.

Ilustrasi lemon. Shutterstock

#Lemon
Walaupun memiliki rasa asam, lemon sangat baik untuk dikonsumsi pasien kanker setelah kemoterapi. Pertama, karena kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat menghilangkan racun di dalam tubuh. Kedua, senyawa tertentu dalam lemon, seperti limonene, juga dipercaya bisa meningkatkan suasana hati sehingga ampun melawan stres, depresi, serta 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar