Kamis, 05 September 2019

Bunga Rosella Dapat Membantu Menetralisir Kadar Nikotin

Bunga Rosella Dapat Membantu Menetralisir Kadar Nikotin

 

Anda sudah tidak asing lagi dengan tanaman herbal yang satu ini. Bahkan, mungkin juga Anda sudah sering mengambil manfaat dari bunga Rosella. Misalnya saja dengan mengkonsumsi teh Rosella.

Bunga Rosella atau Roselle (Hisbiscus sabdariffa L) merupakan tanaman dari keluarga sejenis kembang sepatu. Tanaman ini mempunyai manfaat sangat banyak untuk tubuh manusia mulai dari kelopak bunga, daun, dan juga biji bunga itu sendiri. Pohon Rosella tumbuh dari biji/benih dengan ketinggian yang bisa mencapai 3 – 5 meter serta mengeluarkan bunga hampir sepanjang tahun. Bunga Rosella berwarna cerah dengan kelopak bunga yang berwarna merah gelap. Bagian bunga Rosella yang bisa diproses menjadi makanan ialah kelopak bunganya (kaliks) yang mempunyai rasa yang amat masam.

Kelopak bunga ini bisa diproses menjadi berbagai jenis makanan seperti minuman, jelly, saos, serbuk (teh ) atau manisan Rosella. Beberapa keluarga juga menggunakan Rosella untuk mengobati penyakit radang tenggorokan. Hanya dikonsumsi sehari dua kali dan ditambah madu secara rutin dan dalam dua minggu radang tenggorokan tersebut akan berangsur membaik.

Menurut DEP.KES.RI.No.SPP.1065/35.15/05 setiap 100 gr rosella mengandung 260-280 mg vitamin C, vitamin D, B1 dan B2. Kandungan vitamin C 3 kali lipat anggur hitam, 9 kali lipat jeruk sitrus, 10 kali lipat lebih besar dari buah belimbing dan 2,5 kali lipat dibanding vitamin C dalam jambu biji (kelutuk), kandungan lainnya adalah KALSIUM 486mg/100gr, omega 3, magnesium, beta karotin, serta asam amino esensial seperti lysine dan agrinine kandungan tersebut sangat baik untuk pencernaan tubuh manusia.

Selain aman dikonsumsi setiap hari, Rosella juga sering digunakan sebagai obat-obatan. Berbagai penyakit yang dapat dicegah atau dihilangkan dengan mengkonsumsi Rosella dengan rutin salah satunya adalah dapat mengobati penyakit kanker, batu ginjal, tekanan darah tinggi serta dapat menurunkan kadar penyerapan alkohol.

Tak hanya itu, Rosella juga dapat menghilangkan racun nikotin dalam tubuh sehingga bagi para perokok yang banyak mengkonsumsi nikotin, alangkah baiknya untuk memanfaatkan Rosella untuk menghilangkan nikotin dalam tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar