Jumat, 21 Juni 2019

Cuci Botol Pakai Baking Soda & Cuka Efektif Bunuh Bakteri


Cuci Botol Pakai Baking Soda & Cuka Efektif Bunuh Bakteri

Baking soda untuk cuci botol (Foto:Theopenmind)

BEBERAPA bahan alami seperti baking soda seringkali dipakai untuk mencuci botol. Efektifkah untuk menghilangkan noda dan bakteri?

Jika Anda mencuci botol atau piranti makan lainnya dengan bahan alami jelas lebih aman. Ternyata tak cukup itu, penggunaan bahan-bahan seperti jeruk nipis, cuka dan baking soda sangat efektif membunuh bakteri juga lho.

Hal itu dibenarkan oleh Spesialis Mikrobiologi Klinis RSCM/FKUI dr Yulia Rosa, SpMK. Dia menyebutkan, formula yang ada di dalam bahan alami tersebut ampuh melawan bakteri.

"Baking soda formulanya seperti antiseptik, begitu juga dengan cuka, yang dicampur jeruk nipis dan lemon," ujar dr Yulia saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (28/11/2018).

Adapun cara menggunakannya, tambah dr Yulia, biasanya cuka atau baking soda tersebut dilarutkan ke dalam air. Kemudian botolnya dikocok-kocok sampai bersih.

Nah, cara ini ampuh menghilangkan bakteri baik itu pada botol plastik atau kaca. Sebab, pada kedua jenis botol tersebut dapat saja terdapat bakteri yang melekat pada dindingnya.

"Rata-rata bakteri mudah tumbuh di botol jenis apa saja, sekalipun jenisnya kaca. Tapi kita bisa cegah gimana caranya bakteri itu hilang," tambah dr Yulia.

Pada botol yang kotor, sebut dr Yulia, mudah terpapar bakteri dan kuman seperti Salmonella. Malah fatalnya bisa juga memicu hepatitis.

Karena itu, setelah botol dipakai akan lebih baik dibersihkan segera. Cara mencucinya juga harus tepat, biar lebih steril bisa ditambah dengan air panas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar