Jumat, 25 Januari 2019

Sederet Manfaat Sehat Konsumsi Makanan Pahit

Sederet Manfaat Sehat Konsumsi Makanan Pahit

Manfaat pare untuk kesehatan (Foto:Shutterstock)

BANYAK orang yang mungkin tidak menyukai makanan pahit seperti pare atau daun pepaya. Rasa pahit dari pare atau sayuran hijau lainnya membuat nafsu makan berkurang karena sudah membayangkan bagaimana rasa pahitnya di mulut ketika itu dikonsumsi.

Namun, siapa sangka makanan pahit ternyata memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan loh. Melansir Best Health, Kamis (24/1/2019), berikut 5 manfaat makanan pahit untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui.

Menyeimbangkan selera makan

Mengkonsumsi makanan yang pahit seperti pare atau sayuran hijau lainnya yang memiliki rasa pahit dapat melatih dan menyeimbangkan selera makan kita untuk menyukai makanan yang lebih sehat daripada makanan yang mengandung gula dan biasa kita konsumsi. “Setiap kali mengonsumsi makanan utuh termasuk sayuran pahit, itu menambah selera makan makanan bergizi,” jelas Theresa Albert, ahli gizi di Toronto.

Membantu menyerap nutrisi

Seorang ahli diet profesional dari Halifax,NS, Nicole Dube, mengatakan makanan dan herbal pahit membantu merangsang pencernaan dan mendukung pencernaan makanan.

"Selain itu makanan pahit juga membantu merangsang reseptor rasa di lidah yang kemudian merangsang produksi enzim dan aliran empedu. Semakin baik makanan dicerna, semakin banyak nutrisi yang akan diserap dari makanan Anda, " jelas Dube.

Dube merekomendasikan diet seimbang yang mencakup semua jenis makanan. Namun jika seseorang mengalami masalah pencernaan, Dube merekomendasikan mereka untuk mencoba makanan pahit.

Mendetoksifikasi hati

Mendetoksifikasi merupakan proses pembuangan racun dalam tubuh. Sayuran pahit seperti pare, daun pepaya, radicchio, dan sayuran hijau lainnya yang memiliki rasa pahit mengandung fitonutrien yang mendukung hati untuk mengelola kolesterol, menyeimbangkan hormon, mendetoksifikasi darah dan memetabolisme lemak.

Mengandung banyak nutrisi

Secara umum, sayuran pahit mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A, C dan K selain itu juga mengandung mineral seperti kalsium, kalium dan magnesium. Sayuran pahit juga tinggi folat dan serat serta rendah lemak dan rendah natrium.

Contohnya sayuran arugula yang mengandung beta karoten, vitamin C, kalsium dan zat besi, sementara sayuran dandelion menyediakan vitamin A, E, K, kalsium, zat besi dan antioksidan.

Mengurangi kesukaan pada gula

Kebanyakan orang memang menyukai makanan dengan rasa yang manis dibanding dengan makanan dengan rasa pahit. Namun, mengkonsumsi makanan manis dan mengandung banyak gula dapat membuat seseorang terkena diabetes. Oleh karena itu, dianjurkan juga untuk mengkonsumsi sayuran hijau.

“Saya mendorong orang-orang untuk mengkonsumsi sayuran hijau yang kaya nutrisi, serat, dan membuat kita merasa kenyang baik sayuran pahit atau tidak, sehingga godaan untuk mengambil dan mengkonsumsi makanan yang sarat gula berkurang,” kata Joanne Lewis di CDA.

(ndr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar