Kamis, 16 Mei 2019

Begini Cara Vitamin A Menjadi Kunci Kekebalan Tubuh

Begini Cara Vitamin A Menjadi Kunci Kekebalan Tubuh

Asam retinoat yang dikandungnya dibutuhkan oleh sel-sel kekebalan yang berada di usus

Ilustrasi vitamin A. (shutterstock)

ViralkanTahukah Anda vitamin A ternyata tak hanya bagus untuk kesehatan mata. Vitamin A yang banyak terdapat di buah atau sayur berwarna oranye ini juga dipercaya sebagai kunci untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, salah satunya melindungi tubuh dari infeksi usus.

Dalam penelitian yang dilakukan tim peneliti dari Purdue University, peneliti menemukan bahwa kekurangan vitamin A berisiko mengganggu sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, seseorang menjadi rentan 
terserang penyakit.

"Kami ingin menemukan peran spesifik vitamin A dalam sistem kekebalan tubuh dan bagaimana hal itu mempengaruhi proses biologis manusia," kata Chang Kim, kepada seksi mikrobiologi dan imunologi di Purdue University.

Tim peneliti juga menemukan bahwa asam retinoat yang terkandung dalam vitamin A dibutuhkan oleh sel-sel kekebalan yang berada di usus. Seperti diketahui, tubuh memiliki dua kategori sel kekebalan yang saling bekerja sama untuk membersihkan tubuh dari infeksi.

"Sel kekebalan bawaan bertindak cepat saat terjadinya suatu infeksi, sementara sel imun adaptif bertugas menetralkan infeksi," imbuh Chang Kim.

Selain vitamin A, Kim juga menemukan vitamin lain yang berfungsi untuk mengatur sel-sel kekebalan dalam melawan infeksi.

"Vitamin A juga terbukti dapat memandu sel-sel kekebalan pada kulit," pungkasnya. (Zeenews)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar