Senin, 13 Mei 2019

Konsumsi Vitamin C Efektif Cegah Katarak

Konsumsi Vitamin C Efektif Cegah Katarak

Mereka yang mengonsumsi asupan tinggi vitamin C setiap hari memiliki risiko lebih rendah terhadap katarak.

Vitamin C. (shutterstock)

Viralkan Katarak masih menjadi penyebab utama pada gangguan penglihatan. Bahkan penyebab utama penyakit ini masih belum diketahui meski para ahli kesehatan percaya bahwa kerusakan oksidatif pada lensa mata menjadi penyebab kekeruhan lensa atau katarak.

Namun kini menurut studi terbaru hal ini bisa diatasi dengan konsumsi makanan kaya vitamin C. Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Ophtalmology, makanan tinggi vitamin C dapat memperlambat tingkat keparahan katarak.

"Konsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya vitamin C dapat meningkatkan cairan di sekitar lensa mata dan membentuk lapisan pelindung," ujar peneliti.

Bahkan peneliti mengatakan bahwa konsumsi makanan tinggi vitamin C dapat menjadi pencegahan yang efektif untuk menghindari risiko terkena katarak.

"Mereka yang mengonsumsi asupan tinggi vitamin C setiap hari memiliki risiko lebih rendah 33 persen dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya," imbuh peneliti.

Sumber vitamin C dalam jumlah tinggi paling banyak dijumpai pada buah jeruk, sayuran berdaun hijau, kacang polong, nanas dan pepaya. (Zeenews.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar