Jumat, 18 Oktober 2019

Tenggorokan Kering Saat Bangun Tidur? Atasi dengan Cara Ini




Tenggorokan Kering Saat Bangun Tidur? Atasi dengan Cara Ini

Tenggorokan kering bisa terjadi saat bangun tidur. (Foto: iStock)

Sebagian orang saat bangun tidurseringkali merasakan kering pada tenggorokannya. Tenggorokan kering dan sakit ini biasanya terkait dengan iritasi yang akan membaik pada hari setelahnya. Keadaan seperti ini bisa terjadi saat tidak sakit sekalipun atau tanda kurang minum air.

Tubuh yang kekurangan cairan tidak bisa memproduksi liur dalam jumlah yang banyak untuk membasahi mulut serta tenggorokan. Namun, beberapa kasus tenggorokan kering dapat disebabkan karena infeksi virus, bakteri, atau sleep apnea yaitu kondisi yang ditandai dengan jeda dalam bernapas selama tidur.

Dikutip dari Livestrong, beberapa cara ini bisa membantu mengatasi tenggorokan yang kering saat bangun tidur.

1. Minum air

Mendengkur, menghirup udara, ataupun tidur dengan mulut terbuka biasanya dapat menyebabkan mulut dan tenggorokan kering serta sakit di pagi harinya. Biasanya tidur dengan mulut terbuka terjadi karena hidung tersumbat ataupun ada yang menghalangi jalannya napas. Akibatnya, produksi lendir di dalam mulut menjadi lebih sendikit.

Untuk mengatasinya, minumlah air pada saat sebelum tidur. Jika terbangun di malam hari, usahakan minum air lagi. Lakukan hal serupa saat bangun tidur di pagi hari.

2. Jaga kelembaban udara

Menghirup udara kering juga dapat menyebabkan mulut dan tenggorokan mengering. Penyebabnya, bisa karena terpapar kipas angin ataupun AC. Untuk mengatasinya, gunakan pelembab udara atau humidifier di kamar tidur.

Tetesan kecil air yang dihasilkan alat tersebut ke udara dapat membantu selaput lendir tetap lembab, bahkan saat bernapas melalui mulut sekalipun.

3. Konsumsi minuman hangat ataupun dingin

Jika pada saat bangun tidur tenggorokan terasa kering dan sakit, minum sesuatu yang hangat ataupun dingin untuk menenangkannya secara alami. Untuk minuman hangat, bisa mencoba secangkir teh yang ditambah madu. Madu sendiri memiliki sifat antibakteri dan antioksidan yang alami. Madu juga disebut-sebut dapat menenangkan sakit dan rasa gatal di tenggorokan. Jika tenggorokan terasa lebih sakit, hisap es batu untuk membuat tenggorokan mati rasa sesaat dan mengurangi rasa sakit tersebut.

4. Berkumur

Jika tenggorokan kering dan sakit akibat infeksi bakteri, berkumur dengan air hangat yang ditambah garam bisa melindungi selaput lendir dari kekeringan. Campurkan satu liter air hangat dengan satu sendok teh garam, lalu berkumur sesuai keinginan. Hindari penggunaan garam yang berlebih, karena itu akan membuat tenggorokan terasa lebih kering dan dapat memperburuk iritasi. Selain itu, bisa juga berkumur dengan menggunakan obat kumur antiseptik.

Saat keadaan tenggorokan semakin memburuk seperti demam tinggi ataupun ruam, lakukan pemeriksaan ke dokter agar mendapatkan perawatan serta obat yang tepat untuk mengatasinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar