Senin, 25 Maret 2019

15 Cara Merawat Kuku Sehat Alami

15 Cara Merawat Kuku Sehat Alami

Hindari menggunakan penghapus cat kuku berbasis aseton berlebih.

Ilustrasi merawat kuku [shutterstock]

Viralkan15 Cara Merawat Kuku Sehat Alami.

Setujukah Anda jika ada ungkapan yang menyatakan bahwa kepribadian seseorang bisa dibaca dari kondisi kukunya? Sayangnya, banyak orang yang justru meremehkan kesehatan dan kondisi kuku mereka.

Kuku yang sehat bukan hanya tampilannya yang mengkilap, cantik, dan halus. Kuku yang sehat alami harus diperlalukan secara tepat. Nah, ingin memiliki kuku terawat yang sehat alami? Berikut 15 langkah merawat kuku seperti dilansirFustany.

Ilustrasi perawatan kuku. (Sumber: Shutterstock)

1. Anda bisa menjaga kuku Anda tetap bersih dan lembab dengan merendam tangan ke dalam air bersabun dan membersihkan bagian bawah kuku dengan sikat kuku yang bisa Anda pesan langsung dari apotek mana pun.

2. Terkadang kuku kita lemah, biotin membantu memperkuat kuku yang rapuh. Secara alami dapat ditemukan juga di banyak makanan, dan itu juga tersedia dalam bentuk suplemen di toko obat. Tetapi tentu saja, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda.

3. Selalu perhatikan setiap perubahan pada kuku Anda. Kuku putih, kuning, atau kecokelatan bisa memberi tahu banyak tentang kesehatan tubuh Anda. Mereka dapat mendeteksi penyakit tubuh, masalah di hati, paru-paru, atau jantung Anda.

4. Memotong kuku dengan benar membantu menjaganya tetap bersih dan gaya. Gunakan gunting kuku bulat kecil untuk memotong kuku Anda tetapi pastikan untuk tidak memotongnya terlalu dekat dengan kulit.

5. Gunakan kikir kuku ampelas lunak atau papan kayu 180/240 untuk pilihan terbaik yang tidak merusak kuku Anda.

6. Orang-orang yang banyak bekerja dengan tangan mereka seperti atlet olahraga atau seniman lebih cenderung memiliki tangan yang kering dan kuku yang gapoang patah. Jadi sebaiknya, lembabkan kuku dan kutikula Anda setiap saat dengan minyak atau krim tangan agar tidak kering dan pecah-pecah.

7. Kutikula adalah bagian yang melindungi lempeng kuku Anda dari bakteri, dan jika Anda tak melindungi kutikula, ini bisa membuat kuku Anda terkena infeksi. Rawat kutikula dengan air hangat kemudian oleskan penghilang kutikula. Atau gunakan kembali dengan kain lembut setelah melembapkannya.

8. Jangan menjadikan perawatan kuku profesional sebagai kebiasaan rutin. Secantik apapun tangan Anda terlihat, itu bisa berbahaya jika dilakukan secara teratur karena alat yang digunakan di salon bisa terlalu keras pada kutikula Anda, kulit, atau dapat menghilangkan lapisan lempeng kuku Anda.

9. Hati-hati dengan sampo kuku. Seperti rambut Anda yang terkadang tidak cocok atau bereaksi tidak baik dengan sampo baru, kuku Anda juga dapat memiliki reaksi yang buruk juga.

10. Hindari menggunakan penghapus cat kuku berbasis aseton berlebih. Ini dapat mengeringkan kuku, kutikula, dan kulit Anda. Dan jika Anda sudah memiliki kuku yang kering, lemah atau terkelupas, Anda sebaiknya beralih menggunakan penghapus cat non-aseton. 

12. Ladies, cobalah untuk menghindari ekstensi kuku penuh seperti gel atau kuku akrilik. Ini dapat menyebabkan kuku patah dan membuat kuku alami Anda rusak. Butuh waktu berbulan-bulan, hingga satu tahun penuh untuk memulihkannya. 

13. Kuku akrilik sangat cantik, bukan? Nah, jika Anda harus menggunakannya, maka cobalah ekstensi ujung kuku Anda saja. Cara ini membuatnya tidak menyentuh kuku secara penuh atau memengaruhi seluruh kuku Anda.

14. Beberapa cat kuku, secara umum, mengandung racun yang larut ke dalam kulit Anda dan dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh Anda dalam jangka panjang.

15. Jangan abaikan kuku jari kaki Anda. Segala sesuatu yang Anda lakukan untuk kuku tangan Anda, juga berlaku untuk kuku kaki Anda.

1 komentar:

  1. Terkadang kuku kita lemah, biotin membantu memperkuat kuku yang rapuh. Secara alami dapat ditemukan juga di banyak makanan
    LukQQ
    Situs Ceme Online
    Agen DominoQQ Terbaik
    Bandar Poker Indonesia

    BalasHapus