Senin, 18 Maret 2019

Banyak Pasien Penyakit Ginjal Telat Mengenali Gejala Penyakitnya

Banyak Pasien Penyakit Ginjal Telat Mengenali Gejala Penyakitnya

Ilustrasi ginjal. ©eheandme.com

    

Viralkan Pasien penyakit ginjal kerap kali terlambat dalam menyadari penyakit yang mereka derita. Hal ini bisa disebabkan oleh sejumlah faktor seperti tidak jelasnya gejala yang ditunjukkan.

Ketua Umum PB Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PB PERNEFRI) Aida Lydia mengungkapkan kebanyakan pasien penyakit ginjal yang ditanganinya datang pertama kali dalam kondisi sudah parah. Beberapa bahkan sudah masuk kategori gagal ginjal.

Gejala penyakit ginjal di antaranya kehilangan nafsu makan, tekanan darah tinggi, perubahan frekuensi kencing dalam sehari, dan sakit kepala. Gejala tersebut bisa sangat lazim dan dianggap biasa.

"Tapi ada juga yang tanpa gejala sehingga sering terdeteksi terlambat. Jadi, pasien baru sadar kalau sudah timbul gejala lanjutan," ujar Aida.

Salah satu indikator ginjal mengalami gangguan adalah kehadiran darah dalam urine. Seharusnya, pasien segera berkonsultasi ke dokter saat ini.

Aida juga mengingatkan masyarakat untuk perlu mengenali diri sendiri. Pengenalan diri sendiri sebagai bentuk pencegahan terjadinya penyakit ginjal, yang berujung gagal ginjal.

"Perlu dicek, apakah Anda berisiko sakit ginjal. Cek riwayat keluarga atau kondisi diri sendiri, menderita diabetes dan hipertensi atau tidak," Aida melanjutkan.

Diabetes dan hipertensi dapat merusak ginjal. Jadi, sebaiknya harus periksa urine untuk mengecek kondisi ginjal, saran Aida. Jangan lupa, cek juga kadar gula darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar