Senin, 17 Desember 2018

Asam Urat Bisa Turun dengan Vitamin C Loh!

Asam Urat Bisa Turun dengan Vitamin C Loh!

Ilustrasi asam urat. (SelfCarer)

Trubus.id -- Asam urat alias uric acid adalah penyakit yang menyerang sendi. Untuk pria, kadar normal asam urat di bawah 7 mg/dL dan perempuan, di bawah 6 mg/dL. Di atas angka tersebut, dapat dikategorikan sebagaihiperurisemia atau kadar asam urat yang tinggi dalam darah.

Kadar asam urat yang tinggi dalam darah dapat berdampak pada timbulnya beberapa penyakit. Yang paling sering terjadi adalah gout atau pirai. Gout merupakan suatu kondisi peradangan di daerah sendi atauarthritis. Disebabkan oleh penumpukan asam urat di sendi tersebut misalnya di jempol kaki, pergelangan kaki, lengan, siku dan pergelangan tangan.

Bisa menyebabkan rasa nyeri dan keterbatasan pergerakan anggota tubuh yang terkena. Asam urat yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan terbentuknya batu di ginjal.

Selain karena ketidakmampuan organ ginjal membuang asam urat dari tubuh, penyebab kadar asam urat meningkat adalah konsumsi makanan yang mengandung purin dalam jumlah besar. Diketahui, asam urat adalah hasil pemecahan purin. Jadi, semakin banyak purin dalam tubuh, semakin banyak pula asam urat yang akan dihasilkan.

Peran Vitamin C untuk Menurunkan Kadar Asam Urat

Kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan gangguan dan penyakit. Maka dari itu, diperlukan penanganan yang baik untuk menurunkan dan mempertahankan kadar asam urat dalam rentang normal.

Perubahan pola diet menjadi hal yang wajib dilakukan oleh pasien dengan kadar asam urat tinggi. Diet untuk pasien asam urat mencakup pembatasan konsumsi makanan dengan kadar purin tinggi seperti organ dalam alias jeroan, sarden, tuna, serta seafood seperti udang dan cumi-cumi.

Tidak sekadar menggunakan obat dari dokter, beberapa tahun terakhir ini, dunia medis dipenuhi berbagai penelitian mengenai efek konsumsi vitamin C dalam menurunkan kadar asam urat.

Vitamin C alias asam askorbat diduga bisa membantu menurunkan kadar asam urat karena bersifaturikosurik alias membantu pembuangan asam urat dari dalam tubuh melalui urine.

Vitamin C banyak terdapat pada buah seperti aneka jenis jeruk, kiwi dan jambu merah. Selain itu, Trubus Maniajuga dapat mengonsumsi suplemen vitamin C yang banyak dijual bebas di pasaran. Namun, tak perlu berlebihan dalam mengonsumsi vitamin C.

Kajian mengenai vitamin C dan asam urat ini terbilang masih cukup baru. Jadi, masih diperlukan berbagai penelitian lain pada jumlah populasi yang lebih besar untuk semakin meyakinkan kemampuan vitamin C dalam membantu menurunkan kadar asam urat. [DF]
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar