Rabu, 12 Desember 2018

Rasa Ingin Tahu Bikin Anak Suka Membantah Orang Tu

Rasa Ingin Tahu Bikin Anak Suka Membantah Orang Tua

Ilustrasi anak marah atau berteriak. shutterstock.com

Viralkan - Apa yang harus dilakukan saat anak sering membantah permintaan orang tua? Sebelum menanggapi anak yang membantah, orang tua harus mengetahui dulu alasan anak membantah. Di setiap tahap pertumbuhan, anak memiliki alasan yang berbeda saat membantah orang tua.

Psikolog anak Ayoe Sutomo mengatakan sebelum anak masuk ke usia remaja, mereka akan memiliki rasa ingin tahu yang besar.

“Membantah bukan karena tidak mau melakukan sesuatu tetapi kurang mendapatkan penjelasan,” tutur Ayoe di Jakarta Pusat, Selasa, 11 Desember 2018.

ADVERTISEMENT

Pada saat anak membantah, mereka sedang merangkai kemampuan kognitif. Anak mempertanyakan alasan orang tua memintanya untuk melakukan sesuatu.

Bila orang tua tidak memberikan penjelasan dengan baik, anak akan membantah. Orang tua juga menjadi tertantang untuk memberikan jawaban-jawaban yang tepat.

Masuk ke usia remaja, anak mulai mencari jati diri. Banyak hal yang ingin dilakukan dan ingin diketahui oleh anak remaja. Orang tua kadang tidak bisa menjelaskan atau mengomunikasikan ke anak remaja mengenai baik dan buruknya berbagai hal.

“Kalau sudah masuk usia remaja, kuncinya ada di kemampuan komunikasi. Kalau bisa komunikasi dengan baik, bantah membantah itu tidak terjadi. Yang terjadi adalah proses diskusi,” lanjut Ayoe.

Sering kali, orang tua tidak melakukan pendekatan yang sesuai dengan usia anak. Pada saat anak masih belum remaja, orang tua sebaiknya menjelaskan alasan anak harus atau tidak boleh melakukan sesuatu.

Saat anak sudah masuk usia remaja, bukan hanya menjelaskan tetapi berdiskusi dengan anak mengenai pilihan dan keinginan mereka. Dengan melakukan pendekatan yang sesuai, anak tidak akan sering-sering membantah orang tua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar