Rabu, 12 Desember 2018

Masih Banyak yang Salah. Cara Potong Seperti ini Bikin Kukumu jadi Sarang Bakteri

Masih Banyak yang Salah. Cara Potong Seperti ini Bikin Kukumu jadi Sarang Bakteri

Ilustrasi di atas adalah sakit cantengan. Biasanya akan disertai cairan nanah yang berkumpul di sisi kuku. Cairan nanah yang berbau menyengkat. Lalu Jangan ditanya sakitnya seperti apa. Bagi yang pernah mengalami akan tahu rasanya bahkan sampai nyeri ke kepala. Jalan jadi pincang, sakit kalau pakai sepatu dan perasaan hati jadi ikut tidak tenang. Ya lebih kurang seperti wanita sedang kedatangan 'bulan' gitu. Bawaan mau emosi terus.

Sakit ini disebabkan oleh infeksi karena kuku kaki tumbuh ke arah yang salah dan mengenai daging. Penyebab lainnya adalah karena kotoran masuk ke sela-sela kuku. Menumpuk, menjadi sarang bakteri dan timbullah infeksi.

Penyebab utama hal tersebut dapat terjadi karena cara memotong kuku yang tidak tepat.

Perhatikan gambar ilustrasi sebelah kiri yang ada tanda silang. Apa yang salah dengan cara itu? Ya memang terlihat tidak ada salahnya karena kebanyakan dari kita memotong kuku sesuai bentuk jari dan alur dari pemotongan sebelumnya. 

Namun itulah cara potong yang ternyata salah, bisa bikin kotoran menyelinap masuk ke celah-celah di samping kuku dan pertumbuhan kuku bisa mengenai daging, yang pada akhirnya bisa menyebabkan cantengan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar