Senin, 17 Desember 2018

Ilmuwan Telah Mengidentifikasi Ada 3 Jenis Senyuman  

Ilmuwan Telah Mengidentifikasi Ada 3 Jenis Senyuman

 

Senyuman mengejek via tunaiku.com

Viralkan – Senyum dapat membawa banyak pesan, tetapi tidak semuanya mengandung makna positif. Pernahkah Kawan Sumber bertemu dengan seseorang yang tersenyum seperti hiu? Seolah-olah mereka melihat anda seperti di bawah mereka atau bahkan lebih buruk lagi.

Menurut sebuah penelitian baru yang diterbitkan Nature, ada kategori berbeda dari senyuman yang disampaikan oleh seseorang. Bisa berarti senyuman penuh kedengkian atau sikap merendahkan. Otak kita pun segera merespons dengan tepat makna dibalik sunggingan bibir manis tersebut.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa ada 3 jenis senyuman. Pertama, ‘senyuman yang bermanfaat’, yaitu senyuman yang menunjukkan persetujuan dan dorongan. Kedua, ‘senyuman afiliasi’, yaitu senyum yang dimaksudkan untuk mengirim pesan keterkaitan dan pengertian. Terakhir adalah jenis yang paling buruk, yaitu ‘senyuman dominan’. Jenis senyum ini biasanya selalu menganggap orang lain remeh atau kerap disebut senyuman mengejek, kurang berempati terhadap orang lain dan suka mencemooh.

“Ini adalah bukti bahwa manusia sacara alami berekasi terhadap ekspresi wajah orang lain, bahkan jika tidak ada yang dikatakan,” demikian dikutip dari Curiosity, Minggu, 16 Desember 2018.


Menariknya, denyut jantung pun dikaitkan dengan gangguan depresi dan kecemasan, dan beberapa peneliti membuat kasus bahwa gangguan ini dapat berkorelasi dengan kurangnya respons terhadap isyarat sosial, seperti senyuman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar