Kamis, 15 November 2018

Sebab Anak Cepat Bosan dengan Mainan, Ini Kata Psikolog


Sebab Anak Cepat Bosan dengan Mainan, Ini Kata Psikolog

Ilustrasi anak-anak dan mainan. Shutterstock.com

Viralkan - Banyak orang tua memanjakan anak dengan membelikan mainan dengan jumlah yang melimpah. Salah satu alasan orang tua adalah anak cepat bosan.

Namun, sebelum membanjiri anak dengan mainan, sebaiknya cari tahu apa yang menyebabkan anak cepat bosan. Menurut psikolog Noella Birowo atau yang akrab disapa Ui, “Sebenarnya tidak ada yang namanya anak cepat bosan. Yang ada, orang tua lah yang kurang kreatif dalam memainkan satu mainan.”

Mainan yang mengandung unsur edukatif biasanya sangat memungkinkan untuk dimainkan dengan berbagai cara. Dengan satu benda yang sama, anak sebenarnya bisa mendapatkan manfaat yang berbeda-beda, tergantung bagaimana kreativitas orang tua dalam memaksimalkan mainan tersebut.

ADVERTISEMENT

Dari sebuah bola berwarna-warni misalnya, Anda bisa mengenalkan bentuk, mengidentifikasi warna, juga melatih kemampuan motorik dengan melempar dan menangkap bola.

“Jangan berharap anak otomatis mempunyai imajinasi sendiri untuk memainkan sebuah benda dengan berbagai cara. Namun, orang tua juga harus kreatif dalam memainkan sebuah mainan yang ada di rumah sehingga bisa dimainkan dengan banyak cara,” tegas Ui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar