Jumat, 02 November 2018

Latihan Pasrah Diri Turunkan Resistensi Insulin Penderita Diabetes

Latihan Pasrah Diri Turunkan Resistensi Insulin Penderita Diabetes

 

Latihan pasrah diri merupakan salah satu bentuk terapi relaksasi yang mulai digunakan tidak hanya pada pengobatan penyakit psikosomatik, namun digunakan juga pada penyakit lainnya. Salah satu terapi yang digunakan adalah mengontrol tingkat resistensi insulin penderita diabetes.

Penelitian ini dilakukan oleh dosen Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM, Agus Siswanto, dengan meneliti 44 pasien diabetes selama 8 minggu. Para pasien yang rerata berusia di atas 30 tahun ini melakukan metode latihan pasrah diri dan selanjutnya diikuti dengan pengukuran tingkat resistensi insulin, tingkat skala stres, gula darah puasa, HbA1c, dan gula darah 2 jam post prandial.

Seperti diketahui, latihan pasrah diri merupakan salah satu teknik manajemen stres non farmakologi lokal yang telah lama diajarkan di lingkungan UGM. 

Dalam penelitian ini latihan pasrah diri dilakukan dua kali sehari selama 20-30 menit selama 8 minggu. "Selama penelitian berlangsung, pasien mendapat terapi standar, seperti edukasi, diet diabetes, obat anti hiperglikemik oral atau insulin," kata Agus Siswanto dalam ujian terbuka promosi doktor di FKKMK UGM, Senin (29/10) 

Agus menyampaikan hasil penelitianya ini yang menunjukkan bahwa latihan pasrah diri mampu menurunkan tingkat resistensi insulin yang diukur dari HOMA-IR, "Terapi ini mampu menurunkan stres pada pasien diabetes tanpa depresi,"katanya.

Metode latihan pasrah diri yang telah  dikembangkan divisi psikosomatik Departemen Penyakit Dalam FKKMK UGM ini, menurutnya, potensial dalam perbaikan parameter fisik dengan adanya perbaikan kontrol glikemik. 

Meski baru sebatas penelitian awal, namun penelitian ini bisa digunakan sebagai acuan untuk penelitian lebih lanjut mengenai peran latihan pasrah diri dalam menurunkan risiko kardiovaskular dan kematian pada penderita diabetes. (Humas UGM/Gusti Grehenson)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar