Rabu, 07 November 2018

Organ Baru dalam Tubuh Manusia Ditemukan

Organ Baru dalam Tubuh Manusia Ditemukan



Tubuh manusia ternyata masih menyimpan misteri. Meski sudah banyak organ yang diketahui, nyatanya masih ada anggota tubuh yang baru ditemukan.

Sebuah studi mengklaim berhasil menemukan sebuah organ baru dalam tubuh manusia. Menurut studi tersebut, sebelumnya tidak seorang pun pernah mengetahui organ yang diberi nama interstitium itu. 

Interstitium adalah jaringan tabung berisi cairan yang ditemukan di seluruh tubuh. Fungsinya cukup unik, yaitu sebagai peredam ketika tubuh mengalami benturan.

Tapi ada satu kekhawatiran soal penemuan terbaru ini. Studi ini menyebutkan interstitiumbisa menjadi saluran bagi sel kanker untuk berpindah ke bagian tubuh lainnya.

Kendati demikian, penemuan ini diklaim bisa mengarahkan ilmuwan dalam memahami dan menangani kanker dengan lebih baik. Jika ini memang organ tubuh, interstitium akan menjadi satu dari 80 organ paling besar dalam tubuh manusia.

Organ ini bisa ditemukan di bawah kulit, pembuluh vena dan arteri, jaringan otot, usus, dan setiap organ di bagian dada.


Ketika dilakukan pembedahan untuk mengetahui lebih lanjut, organ tersebut mengeluarkan cairan.

Hal itu diketahui ketika dokter melakukan endoskopi rutin saat melihat saluran empedu pasien. Dokter awalnya melihat interstitiumtampak seperti jaringan kapiler.

Ahli patologi Universitas New York, Neil Theise mengatakan, "Temuan ini memiliki potensi untuk mendorong kemajuan dramatis dalam dunia kedokteran."

Neil kemudian mencontohkan tumor yang bentuknya seperti gumpalan berisi air. "Sekarang kita memiliki jendela baru untuk melihat bagaimana tumor menyebar dalam tubuh," ucap Neil


Tidak ada komentar:

Posting Komentar