Senin, 19 November 2018

Tips Menghilangkan Rasa Nyeri dan Pegal setelah Olahraga

Tips Menghilangkan Rasa Nyeri dan Pegal setelah Olahraga

Warga melintas di joging track area parkir mall phinisi point (pipo) Makassar, Selasa (14/8/2018). Joging track ini adalah fasilitas terbaru yang dihadirkan manajemen pipo untuk memanjakan pengunjung setianya. (Tribun Timur/Muhammad Abdiwan)

Viralkan - Olahraga merupakan aktivitas yang penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. Bahkan dianjurkan melakukannya secara rutin.

Namun sering kali tubuh terasa sakit dan pegal-pegal setelah olahraga, hal itu pula yang akhirnya membuat orang malas olahraga.

Sakit dan pegal-pegal setelah olahraga sebenarnya tak hanya dirasakan oleh pemula, tapi juga oleh mereka yang cukup rutin olahraga.

Jika Anda merasa sakit dan pegal setelah olahraga, jangan terlalu khawatir, karena setidaknya ada 4 cara untuk mengusir sakit dan pegal secara cepat.

Dikutip dari laman menshealth.com, berikut inilah cara-caranya:

1. Konsumsi kayu manis

Kayu manis dianggap efektif untuk meredakan rasa sakit selama sekitar 2400 tahun. Hal itu berdasarkan ungkapan dokter Yunani Kuno Hippokrates yang dituliskan pada karya tulisnya soal kayu manis untuk pemulihan.

Menurut riset Journal of Clinical and Diagnostic, kayu manis lebih efektif meredakan sakit daripada ibuprofen.

Nutrition Research Center menjelaskan salah satu caranya adalah mengonssi setengah sendok kayu manis dua kali sehari yang campurkan ke dalam kopi untuk meredakan peradangan.

2. Trik panas dan dingin

Otot yang dipakai hingga ke batas maksimal kapasitasnya juga akan mempercepat pemulihan. Caranya, menggunakan balok es dan tekan ke bagian otot yang sakit sekama satu menit.

Kemudian, rendam bagian tubuh tersebut salam air hangat selama semenit. Beri jeda waktu 12 menit untuk mengulangi kembali cara tersebut.

3. Terapi laser

Praktisi klinis dan ahli terapi laser untuk manajemen sakit di Quantum Laser, Dr Roberta Chow, AM menjelaskan bahwa Cold Laser Therapy bisa digunakan untuk memperbaiki sel.

Cara ini tidak sakit dan bisa mempercepat pemulihan.

"Oksidasi stres adalah dimana nitrit oksida mengikat sel. Yang dilakukan laser adalah menggantinya dari sel dan membuat oksigen mengikat kembali sel tersebut. Memungkinkan mitokondria memproduksi energi ATP kembali. Dengan kata lain, membuat sel tersebut memiliki fungsi seperti awal," ujarnya.

4. Minum teh

Komponen dalam teh memicu sekresi insulin yang akan menurunkan jumlah gula pada sel gula darah. Minum teh hitam setelah berolahraga bisa menurunkan tekanan darah hingga 40 persen.(*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar