Sabtu, 24 November 2018

Mengenal Lebih Dekat Charcoal / Arang Aktif dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Mengenal Lebih Dekat Charcoal / Arang Aktif dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Charcoal (Foto: Besthealthmagz)

SAAT ini istilah charcoal sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Banyak kosmetik yang menggunakan komposisi charcoal di dalam produknya. Kabarnya charcoal memiliki segudang manfaat positif yang dibutuhkan bagi tubuh manusia.

Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan charcoal. Ya, charcoal merupakan kata lain dari arang. Bentuknya pun bervariasi, ada yang berbentuk pil maupun bubuk. Biasanya charcoal digunakan dalam pengobatan di Cina dan Ayurveda.

Arang secara aktif ditopang oleh sifat detoksifikasi alkalising dominan arang dan manfaat kesehatan yang diklaim. Pengenalan arang aktif ke dalam dunia kesehatan dengan sifat-sifat pembersihan dan penyegarannya mengklaim tempatnya dalam tren detoks pada abad ke-21.

Lantas apa saja manfaat yang terkandung dalam arang aktif? Melansir dari Boldsky, Kamis (22/11/2018), Okezone akan membahasnya satu per satu:

1. Untuk pengobatan racun

Secara turun-temurun arang aktif dinilai dapat menetralisir racun. Sifat-sifat pengikatan-toksik dari arang aktif menjadikannya elemen dasar bagi bidang medis. Salah satu aplikasi yang paling penting dari arang aktif adalah dalam kasus-kasus keracunan. Sifat pengikatan dari bantuan karbon dapat mengurangi efek keracunan.

Ini dapat digunakan dalam kasus overdosis. Studi tentang dampak arang aktif telah menunjukkan bahwa konsumsi 50-100 g dalam waktu lima menit dari konsumsi obat, dapat membantu mengurangi tingkat penyerapan obat sebesar 74%.

 

2. Untuk kesehatan ginjal

Sifat menyerap arang aktif dapat membantu dalam mempromosikan fungsi ginjal. Dengan mengurangi jumlah limbah yang akan disaring, arang aktif mengurangi tugas penyaringan ginjal Anda. Ini bermanfaat bagi pasien yang menderita pasien yang menderita penyakit ginjal kronis, karena mereka kesulitan menghilangkan sampah seperti urea dan racun lain dari tubuh. Arang aktif mengikat racun dan limbah, yang akan dikeluarkan melalui feses. Salah satu penelitian mengungkapkan dampak dari suplemen arang aktif untuk menurunkan tingkat darah urea pada pasien yang didiagnosis dengan penyakit ginjal stadium akhir.

 
3. Untuk mengobati fish odour syndrome

Fish odour syndrome atau trimethylaminuria (TMAU) adalah kondisi genetik di mana seseorang menderita sekresi senyawa, yang memiliki bau mirip dengan ikan yang membusuk. Hal ini disebabkan karena mutasi pada gen FMO3 dan penyebab lain seperti peningkatan yang menyimpang dalam pertumbuhan bakteri penghasil trimetilamin atau karena kelebihan protein dalam makanan harian Anda. Arang aktif membantu mengurangi konsentrasi TMA dalam tubuh

.

4. Untuk mengurangi kembung dan gas

Arang aktif membantu mengurangi pembentukan gas dan menghentikan perasaan tidak nyaman yang disebabkan karena kembung. Sifat mengikat arang aktif mengikat gas yang mengakumulasi produk dalam makanan, dan membantu menghentikan ketidaknyamanan yang ditimbulkan. Sebuah penelitian yang dilakukan di American Journal of Gastroenterology membuktikan penerapan arang aktif dalam mengurangi gas dan kembung.

5. Untuk memutihkan gigi

Sifat menyerap arang aktif dikatakan mampu memainkan peran sentral dalam proses ini. Sifat menyerap racun dari arang aktif dikatakan memiliki antivirus, antibakteri, antijamur serta kualitas detoksifikasi.

ADVERTISEMENT

Penggunaan arang sebagai pemutih gigi bukanlah hal yang baru, beberapa bagian negara di Asia Selatan dan Afrika menggunakan serbuk arang sebagai metode pembersihan gigi asli. Pasta gigi yang disatukan dengan arang aktif membantu membuang residu plak, meskipun tidak ada penjelasan ilmiah untuk mendukung klaim tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar