Kamis, 01 November 2018

Bunga Telang, Tanaman Liar yang Kaya Khasiat

Bunga Telang, Tanaman Liar yang Kaya Khasiat

   

Viralkan Namanya mungkin cukup asing di telinga Anda, tapi bunga yang tumbuh liar ini memiliki berbagai manfaat kesehatan. Disampaikan Guru Besar Bidang Keamanan Pangan dan Gizi Departemen Gizi Masyarakat- FEMA IPB, Prof. Dr. Ir. Ahmad Sulaeman, MS, bunga telang bisa  digunakan untuk menurunkan stres hingga membuang racun dari dalam tubuh. 

"Air telang bisa digunakan untuk membersihkan mata. Bisa juga untuk membersihkan darah kotor, jadi kalau ada bisul, minum air bunga telang bisa kempes bisulnya," ujar Prof Ahmad Sulaeman pada Jelajah Gizi 2017 bersama Sarihusada di Malang, Sabtu (14/10/2017).

Bagi kaum hawa racikan bunga telang dapat mengatasi masalah perut kram saat periode menstruasi. Menurut Prof Ahmad, berbagai khasiat yang diberikan bunga telang berasal dari kandungan antioksidan antosianin yang terdapat didalamnya.  Antosianin, kata Prof Ahmad merupakan antioksidan alami yang lebih kuat dari vitamin C. 

"Selain itu ada pula kandungan alkaloid, flavonoid dan vitamin A dalam bunga telang," tambah dia. 

Bunga yang memiliki kelopak berwarna biru keunguan ini kini banyak digunakan sebagai pewarna alami makanan dan minuman. Proses menanamnya pun juga tidak terlalu sulit, asalkan banyak air, tanaman ini akan mudah tumbuh. 

Dalam kesempatan yang sama, Chef Revo yang merupakan jebolan Junior Master Chef Indonesia memberikan resep mudah mengolah bunga telang menjadi minuman yang kaya manfaat. 

"Bunga telang diseduh dengan air panas hingga warnanya berwarna kebiruan. Lalu tambahkan gula sesuai selera. Tunggu hingga dingin lalu campurkan dengan aneka buah dan terakhir diberi sedikit perasan jeruk nipis untuk menambah kesegaran sekaligus membuat warna airnya menjadi merah muda," tandas Revo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar