Sabtu, 03 November 2018

Di Kongres WKRI, Presiden Jokowi bicara 4 kelebihan perempuan dibanding laki-laki

Di Kongres WKRI, Presiden Jokowi bicara 4 kelebihan perempuan dibanding laki-laki

Kongres XX Tahun 2018 Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI). ©2018 Merdeka.com

    

PERISTIWA | 30 Oktober 2018 12:25Reporter : Supriatin

ViralkanPresiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Kongres XX Tahun 2018 Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI). Acara digelar di Magnolia Grand Ballroom, Hotel Grand Mercure, Superblok Mega Kemayoran, Jakarta Pusat.

Saat memberikan sambutan, Jokowi membeberkan fakta menarik tentang perempuan. Dia menyebut, ada empat keunggulan perempuan yang tidak dimiliki kaum pria.

"Hasil beberapa riset, perempuan memiliki keunggulan dibandingkan laki-laki. Perempuan memiliki harapan hidup lebih tinggi," kata Jokowi disambut tepuk tangan, Selasa (30/10).

Kedua, perempuan lebih kuat dalam menghadapi persaingan. Ini berdasarkan temuan Harvard Business Review.

"Ini menurut Harvard Business Review bukan menurut saya. Tapi menurut saya juga sama," sambungnya.

Ketiga, perempuan memiliki otak yang lebih aktif dalam merespons empati. Kali ini berdasarkan temuan World Economi Forum. Keempat, perempuan mempunyai kemampuan multitasking yang lebih tinggi dibandingkan laki-laki.

"Jadi kalau diberikan tugas yang multi, itu perempuan lebih cepat. Ini menurut Public Library Science," sebutnya.

Jokowi mengakui hasil riset beberapa lembaga tersebut terkait keunggulan perempuan benar. Terbukti saat perhelatan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, perempuan berkontribusi besar dalam meraih medali emas.

Saat itu, Indonesia meraih peringkat keempat dengan perolehan 31 medali emas. Dari total 31 medali emas, 12 di antaranya disumbangkan oleh atlet perempuan.

Selain pada pagelaran Asian Games, keunggulan perempuan terlihat dalam Kabinet Kerja Jokowi-Jusuf Kalla. Dari total 34 orang menteri Kabinet Kerja, delapan di antaranya perempuan.

"Pemerintahan di bawah kepemimpinan saya, dulunya ada 9 (menteri) perempuan, kemudian mundur satu menjadi Gubernur Jawa Timur, sekarang masih ada 8. Biasanya di kabinet kita hanya 3/4 perempuan yang jadi menteri," jelas dia.

"Kenapa banyak perempuan di kabinet, karena saya yakin kehebatan perempuan, Saya menyakini kehebatan perempuan," pungkas Jokowi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar