Sabtu, 08 September 2018

6 Manfaat Air Tebu untuk Kesehatan yang Tak Banyak Diketahui

Jadi salah satu minuman manis favorit yang menyegarkan, air tebu ternyata juga menyimpan beragam khasiat sehat. Apa saja? Agar semakin yakin dalam mengonsumsinya, cari tahu ragam manfaat air tebu untuk kesehatanmu.

Tebu (Saccharum officinarum) merupakan tumbuhan yang menjadi bahan baku pembuat gula juga molase (tetes tebu). Air tebu dibuat dari menggiling batang tumbuhan ini. Sebelum mengenal manfaat minuman manis ini bagi kesehatan, pertama-tama ketahui dulu yuk kandungannya.

Mengenal Nutrisi dalam Air Tebu

Tak hanya gula, air tebu juga kaya antioksidan - OkayDoc

Sebagian besar, tepatnya sekitar 75% dari tebu adalah air. Minuman ini pun kaya akan nutrisi. Penelitian menunjukkan, dalam 100 gram air tebu terkandung 39 kalori, 9 gram karbohidrat, dan 10 mg kalsium. Tebu pun mengandung gula dalam bentuk sukrosa, serta sejumlah serat.

Tak hanya itu, studi juga menyebutkan bahwa air tumbuhan ini kaya akan antioksidan alami. Hal ini terbukti dengan keberadaan ragam senyawa polifenol, flavonoid, juga glikosida dalam minuman berwarna semu kehijauan ini.

6 Manfaat Air Tebu untuk Kesehatan yang Tak Banyak Diketahui

 

Manfaat air tebu termasuk melegakan dahagamu - OkayDoc

Air tebu tenar sebagai salah satu pengobatan alami terbaik untuk beragam gangguan saluran pernapasan, seperti batuk pilek dan sakit tenggorokan. Penelitian juga menyebutkan, minuman lezat ini pun bisa bermanfaat untuk berbagai kondisi berikut:

1. Mengatasi Dehidrasi dan Memasok Energi Instan

Air tebu dapat membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang (rehidrasi) serta menyediakan energi instan. Hal ini membuatnya sangat bermanfaat untuk altet maupun orang yang melakukan kerja fisik.

Manfaat tersebut terjadi berkat kandungan karbohidrat (glukosa), zat besi, juga elektrolit di dalamnya. Penelitian menunjukkan, konsumsi air tebu bisa meningkatkan kadar glukosa (gula darah) sekaligus membantunya menjadi glikogen (gula otot) sebagai sumber energi alami.

Air tebu juga dinilai setara dengan minuman berenergi maupun air mineral untuk mendukung tingkat stamina olahraga dalam kondisi suhu normal (kurang dari 30°C). Bahkan, sari perasan tebu dapat mengembalikan cairan tubuh lebih baik dibanding air mineral atau minuman berenergi.

2. Menyehatkan Saluran Kemih

Tebu juga dikenal bermanfaat bagi saluran kemih. Pasalnya, konsumsi air tebu secara teratur dipercaya dapat menjaga produksi urin berlangsung dengan baik. Hal ini terjadi berkat efek diuretik (meningkatkan produksi air seni) dalam tumbuhan ini.

Selain itu, kemampuannya ini pun dianggap dapat membantu mengatasi berbagai gangguan pada saluran kemih seperti disuria (rasa nyeri saat buang air kecil) juga anuria (gangguan produksi urin oleh ginjal).

Maka dari itu, tidak heran bila minuman ini pun, secara tidak langsung, dinilai mendukung ginjal berfungsi normal.

 

Membatasi meringankan demam pada anak termasuk manfaat air tebu - OkayDoc

3. Membantu Mengatasi Demam Pada Anak

Konsumsi air tebu dianjurkan pada kondisi demam yang menyebabkan tubuh kehilangan banyak protein. Salah satu contoh kondisi demam tersebut adalah kejang demam.

Kejang demam adalah kondisi di mana naiknya suhu tubuh seorang anak memicu terjadinya kejang. Demam yang timbul umumnya karena infeksi, dan kejang yang terjadi bukan disebabkan oleh gangguan saraf. Minum air tebu dinilai dapat menyediakan nutrisi juga menurunkan demam pada kondisi ini.

4. Melindungi Organ Hati dan Membantu Mengatasi Sakit Kuning

Penelitian menyatakan bahwa air tebu dapat memberi efek perlindungan dan meringankan kerusakan hati, termasuk membantu pemulihan sakit kuning (jaundice).

Manfaat tersebut dinilai terjadi berkat kandungan antioksidan dalam minuman ini, terutama dalam bentuk flavonoid dan antosianin serta kemampuannya untuk menjaga kadar bilirubin tetap normal.

Bilirubin adalah zat yang terbentuk dari pemecahan sel darah merah. Zat ini perlu diolah oleh hati. Kerusakan fungsi hati merupakan salah satu pemicu penumpukan billirubin, yang dapat menyebabkan sakit kuning.

Selain itu, saat sakit kuning, kadar gula turun drastis. Hal ini menjadikan air tebu yang terdiri dari gula sederhana semakin bermanfaat. Kamu bisa menambahkan perasan jeruk nipis pada air tebu yang disebut turut membantu mempercepat pemulihan penyakit.

 

Kulit cerah lewat rajin minum air tebu - OkayDoc

5. Membantu Mencerahkan Kulit Indahmu

Air tebu juga dapat membantu menyehatkan kulitmu. Pasalnya, senyawa fenol juga flavonoid dalam minuman ini disebut dapat melembutkan sekaligus membuat tampilannya lebih muda.

Tak hanya itu, air tebu pun mengandung asam glikolat yang dapat membantu peremajaan kulit dengan mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga sel-sel baru tampak ke permukaan. Hal ini bisa membantu menunda munculnya keriput dan penuaan dini. Tambahan kunyit dalam air tebu dinilai mendukung manfaat ini.

6. Melancarkan Pencernaan

Air tebu ternyata juga kaya akan mineral, salah satunya adalah kalium. Mineral ini sudah dikenal mampu membantu pergerakan usus sehingga makanan lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Tak hanya itu, air tebu pun dianggap bermanfaat dalam menurunkan risiko infeksi saluran cerna dengan bertindak sebagai agen antibakteri.

Selain ragam manfaat di atas, air tebu juga dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat LDL serta berpotensi mencegah juga menghambat penyebaran kanker, terutama kanker payudara dan prostat.

Apakah Minum Air Tebu Bisa Menyebabkan Efek Samping?

Air tebu diisukan mengandung senyawa karsinogen - OkayDoc

Beberapa penelitian melaporkan, senyawa karsinogenik seperti hidrokarbon aromatik polisiklik (PAHs) positif ditemukan pada air tebu. Senyawa ini umumnya terbentuk dari pembakaran tak sempurna yang terjadi saat proses pemanenan tebu.

Pasalnya, sebagian perkebunan tebu menggunakan teknik pembakaran lahan pascapanen sebagai cara mudah mengganti pohon lama dengan pohon baru, bukannya ditebang.

Meski begitu, studi dalam skala lebih luas dan menyeluruh masih diperlukan untuk memastikan seberapa besar pengaruh senyawa ini terhadap tubuh.

Manfaat air tebu ternyata bukan sekedar menyegarkan dan meredakan haus. Sari dari tumbuhan penghasil gula ini mempunyai berbagai manfaat sehat, mulai dari penyedia energi instan, hingga menjadikan kulitmu lebih bersinar.

Meski begitu, tetap konsumsinya dalam jumlah wajar ya. Ingat, segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik bagi tubuhmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar