Rabu, 26 September 2018

Cara Unik Tinggi Badan Pengaruhi Risiko Varises


Cara Unik Tinggi Badan Pengaruhi Risiko Varises

Varises menimbulkan rasa nyeri dan menyebabkan terjadinya luka maupun bekuan darah

Viralkan -- Memiliki tubuh yang tinggi semampai kerap menjadi impian banyak orang. Dengan tubuh yang tinggi, buku yang terletak di rak teratas bisa dijangkau dengan mudah. Tubuh yang tinggi dan kaki yang jenjang juga dapat membuat penampilan terlihat lebih menarik.

Sayangnya, memiliki tubuh yang tinggi tak selalu membawa keuntungan. Salah satu 'kerugian' dari memiliki tubuh yang tinggi adalah risiko varises yang lebih besar.

Varises merupakan pembuluh darah yang tampak membesar dan menonjol. Tak hanya mengganggu penampilan, varises juga dapat menimbulkan rasa nyeri dan menyebabkan terjadinya luka maupun bekuan darah.

Kemunculan varises dapat dilatarbelakangi oleh beragam faktor. Beberapa di antaranya adalah tekanan pada pembuluh darah akibat kelebihan berat badan, jenis kelamin, riwayat keluarga, kurangnya aliran darah karena terlalu lama duduk, proses penuaan hingga kehamilan.

Yang cukup menarik dan jarang disadari, tinggi badan juga dapat mempengaruhi risiko varises. Hal ini diungkapkan dalam jurnal Circulation yang melibatkan data lebih dari 500 ribu orang berusia 40 tahun hingga 69 tahun dari UK Biobank.

Jurnal tersebut mengungkapkan bahwa memiliki badan yang tinggi dapat meningkatkan risiko varises. Selain menemukan hubungan antara tinggi badan dan risiko varises, tim peneliti juga menemukan adanya keterkaitan genetik antara tinggi badan dan risiko varises.

"Penelitian genetik tersebut mengungkapkan bahwa gen dan pathway yang mempengaruhi tinggi badan manusia juga kemungkinan menyebabkan varises," jelas ahli kardiologi sekaligus peneliti Nicholas Leeper MD seperti dilansir Well and Good.

Leeper mengatakan keterkaitan antara tinggi badan dan risiko varises bukan temuan baru. Sekitar 20-30 tahun lalu, beberapa penelitian juga menunjukkan hal yang serupa. Di sisi lain, tim peneliti belum benar-benar memahami mengapa badan yang tinggi bisa meningkatkan risiko varises.

"Mungkin orang-orang yang tinggi dipengaruhi oleh gravitasi atau mungkin ada sesuatu pada dinding pembuluh darah itu sendiri. Apa yang terjadi, kami tidak tahu," papar Leeper.

Kabar baiknya, orang-orang yang memiliki tubuh tinggi tidak perlu khawatir jika mengalami varises. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meringankan gejala-gejala varises yang mengganggu.

Dalam kasus varises, sirkulasi darah di dalam tubuh memainkan peran yang penting. Olahraga secara teratur dan tidak diam selama berjam-jam dapat membantu melancarkan sirkulasi atau peredaran darah di dalam tubuh.

Selain itu, gejala varises bisa diringankan dengan menerapkan pola makan rendah garam dan menghindari sepatu berhak tinggi. Saat varises muncul, mengangkat kaki lebih tinggi juga dapat membantu meringankan gejala yang mengganggu.

Penderita varises juga bisa menggunakan kaus kaki compression atau menjalani terapi tertentu. Terapi yang bisa dilakukan adalah sclerotherapy atau terapi laser. Mengoleskan herbal gotu kola atau ekstrak berangan kuda juga dinilai dapat membantu mendorong kesehatan pembuluh darah dan melawan inflamasi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar