Jumat, 07 September 2018

Cara Menangani Telinga Seperti Tersumbat


   

Cara Menangani Telinga Seperti Tersumbat

Apa kamu pernah merasa telinga seperti tersumbat dan suara di sekelilingmu menjadi tidak jelas? Rasa tak nyaman ini umumnya sembuh sendiri, namun tetap perlu diperiksakan ke dokter agar pemicunya dapat diketahui.

Penanganan untuk telinga yang terasa tersumbat bisa dilakukan secara mandiri maupun oleh dokter. Untuk menentukan pengobatan yang tepat, kamu perlu tahu dulu mengenai penyebabnya.

4 Penyebab di Balik Telinga Terasa Tersumbat

Telinga yang tersumbat dapat disebabkan oleh penumpukan kotoran telinga yang terjadi akibat pemakaian cotton bud - OkayDoc

Telinga yang terasa seperti tersumbat tentu tidak terjadi begitu saja. 4 kondisi di bawah ini merupakan hal yang banyak menyebabkan kondisi telinga seperti tersumbat:

1. Penumpukan Kotoran Telinga

Kotoran telinga (serumen) sebenarnya merupakan cairan yang berfungsi melindungi liang telinga. Tidak hanya itu, serumen juga berfungsi mencegah masuknya benda asing ke telinga bagian dalam.

Serumen umumnya memiliki tekstur lunak yang menyerupai cairan lilin. Jika menumpuk, konsistensinya dapat berubah menjadi keras dan memicu penyumbatan di telinga. Bila terjadi penyumbatan, telinga akan terasa sakit, lalu muncul suara dengungan dan rasa pusing.

Membersihkan telinga menggunakan cotton bud termasuk salah satu pemicu dari penyumbatan tersebut. Pasalnya, cotton bud justru akan mendorong kotoran telinga makin ke dalam.

2. Penyumbatan pada Tuba Eustachius

Tuba Eustachius adalah saluran penghubung liang telinga tengah dengan nasofaring, yakni tenggorokan bagian atas, yang juga berhubungan dengan hidung.

Pada kondisi normal, cairan dan lendir akan mengalir dari telinga menuju belakang tenggorokan melalui saluran ini. Namun, cairan dan lendir terkadang menumpuk dan menimbulkan sumbatan dalam telinga. Misalnya, ketika kamu mengidap flu, sinusitis, atau rinitis alergi.

Penyumbatan pada saluran Eustachius harus ditangani secepatnya. Bila dibiarkan, cairan yang menumpuk berpotensi menyebabkan infeksi menyebar ke telinga bagian tengah.

Kegiatan menyelam dapat menyebabkan barotrauma akibat perubahan tekanan udara yang drastis - OkayDoc

3. Barotrauma

Kondisi telinga seperti tersumbat ini muncul akibat tekanan udara yang berubah secara drastis. Misalnya, ketika naik pesawat atau menyelam.

Pada dasarnya, saluran eustachius bertugas dalam mengatur keseimbangan tekanan dalam telinga. Fungsi saluran ini terkadang mengalami gangguan ketika kamu berada di tempat dengan ketinggian tertentu, sehingga menyebabkan sensasi telinga seperti tersumbat.

Barotrauma terkadang dapat memicu rasa sakit di dalam telinga. Tapi pada kondisi yang lebih parah, kamu juga bisa mengalami vertigo, gendang telinga pecah (ditandai oleh perdarahan dari telinga), hingga kehilangan kemampuan dengar.

4. Neuroma Akustik

Neuroma akustik adalah pertumbuhan tumor jinak pada cabang saraf otak yang terdapat di dekat telinga. Kondisi ini juga bisa menyebabkan telinga terasa tersumbat. Tumor ini biasanya berukuran kecil dan berkembang dengan lambat.

Meski demikian, neuroma akustik bisa pula membesar sehingga menekan cabang saraf pada liang telinga dalam. Kondisi inilah yang akan menyebabkan telinga seperti tersumbat. Telinga berdengung dan kehilangan kemampuan pendengaran juga dapat terjadi.

Cara Menangani Telinga Seperti Tersumbat

Mengunyah permen karet dapat menjadi salah satu cara mengurangi rasa tersumbat pada telinga akibat barotrauma - OkayDoc

Pada kasus yang ringan, telinga tersumbat dapat sembuh dengan sendirinya. Untuk meringankan gejala, kamu bisa melakukan beberapa langkah penanganan mandiri di bawah ini:

Menguap tergolong efektif dalam mengatasi telinga seperti tersumbat akibat adanya masalah pada saluran eustachius.Manuver Valsava juga dianggap mampu mengatasi gangguan pada tuba eustachius. Kamu cukup menarik napas dalam, lalu tahan sambil memencet cuping hidungmu. Selanjutnya, hembuskan napas dengan tetap menutup hidungmu agar tekanan yang tercipta menghilangkan sumbatan pada telinga. Ingat untuk tidak melakukannya terlalu kencang karena dapat membuat gendang telingamu pecah.Mengunyah permen karet atau permen isap dapat membantu mengurangi rasa tersumbat dalam telinga karena barotrauma.Menggunakan uap karena bisa membantu untuk mengencerkan lendir dalam telinga. Kamu juga bisa meletakkan kompres hangat di atas telinga yang bermasalah.

Bila gejalamu tidak kunjung berkurang atau malah semakin parah, besar kemungkinan kamu butuh bantuan dokter. Dengan mengetahui penyebabnya, dokter akan memberikan pengobatan yang sesuai.

Penumpukan kotoran telinga dapat diatasi dengan 2 cara, yakni pemberian obat tetes telinga untuk melunakkan kotoran telinga atau prosedur pembersihan oleh dokter.

Sementara infeksi pada telinga akan ditangani berdasarkan penyebabnya. Misalnya, antibiotik untuk infeksi bakteri, obat antijamur untuk infeksi jamur, atau antihistamin untuk alergi.

Ketika merasakan telinga seperti tersumbat, kamu tidak perlu panik. Sebagian besar masalah ini hanya berlangsung sementara dan bisa sembuh dnegan sendirinya.

Kamu juga dapat mengurangi rasa tersumbat pada telinga dengan cara sederhana, seperti mengunyah permen karet dan melakukan manuver Valsava. Namun jika gejalanya tidak kunjung berkurang, konsultasikan kondisi telingamu ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar