Rabu, 26 September 2018

7 Manfaat Daun Serai untuk Kesehatan dan Kiat Mengolahnya


7 Manfaat Daun Serai untuk Kesehatan dan Kiat Mengolahnya


Rempah-rempah seperti daun serai digunakan untuk menambah cita rasa makanan dan minuman. Namun, ada pula yang mengonsumsinya dengan tujuan memperolehmanfaat daun serai untuk kesehatan.

Tergantung khasiat yang diinginkan, daun serai dapat diolah menjadi minyak esensial, aromaterapi, dioleskan langsung pada kulit, dicampurkan ke dalam larutan kumur, atau diminum sebagai teh herbal.

Ingin tahu apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan dari rempah satu ini? Yuk, simak informasi berikut untuk mengetahui jawabannya.

Manfaat Daun Serai untuk Kesehatan

Kandungan dalam daun serai memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan - OkayDoc

Manfaat daun serai memang perlu dikaji lebih lanjut. Meski begitu, beragam senyawa yang terdapat pada tanaman ini membuatnya menyimpan beragam potensi berikut:

1. Mengandung antioksidan

Daun serai mengandung berbagai jenis senyawa antioksidan yang membantu tubuhmu melawan radikal bebas penyebab penyakit. Antioksidan tersebut di antaranya adalah asam klorogenat, isoorientin, dan swertiajaponin.

Beragam senyawa tersebut juga dapat membantu mencegah terganggunya fungsi sel yang menyebabkan penyakit pada pembuluh darah jantung.

2. Berpotensi sebagai anti radang (anti inflamasi)

Serai mengandung dua jenis senyawa yang dipercaya memiliki efek anti inflamasi, yaitu citral dan geranial. Inflamasi atau reaksi peradangan erat kaitannya dengan berbagai jenis penyakit termasuk stroke dan penyakit jantung.

Kedua senyawa dalam serai ini dipercaya dapat menghentikan pelepasan marker atau penanda inflamasi pada tubuh. Kandungan citral pada daun serai juga dipercaya dapat berpotensi melawan kanker. Meskipun begitu, pernyataan ini masih membutuhkan hasil penelitian mendalam sebagai buktinya.

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Teh dengan daun serai bisa dijadikan alternatif untuk mengatasi sakit perut, kram perut, dan sejumlah masalah pencernaan lainnya. Sebuah penelitian mengemukakan bahwa tanaman ini dinilai efektif untuk mengatasi penyakit tukak lambung.

Hasil penelitian tersebut menyatakan minyak esensial dalam serai dapat melindungi lapisan dalam lambung dari kerusakan akibat konsumsi obat aspirin dan etanol. Konsumsi obat seperti aspirin dalam jangka panjang merupakan salah satu penyebab umum terjadinya tukak lambung.

Teh dari daun serai bisa membantumu mengatasi perut kembung - OkayDoc

4. Mengatasi perut kembung

Daun serai memiliki sifat diuretik. Artinya, kamu yang mengonsumsi rempah ini dapat mengalami peningkatan produksi urine. Dalam beberapa kasus, efek tersebut baik karena membantu tubuh mengeluarkan kelebihan cairan dan natrium.

Sifat diuretik pada daun serai juga bermanfaat untuk mengatasi kembung yang diakibatkan oleh penumpukan cairan pada saluran pencernaan. Kondisi ini juga sering terjadi saat kamu mengalami sindrom pramenstruasi.

5. Bersifat antimikroba

Beragam penelitian menunjukkan bahwa rempah ini memiliki aktivitas antimikroba. Minyak esensial didalamnya dianggap dapat melawan berbagai jenis bakteri seperti Escherichia coli, Staphylococcus aureus, Salmonella paratyphi, dan Shigella flexneri.

Kandungan tersebut juga aktif dalam melawan berbagai jenis jamur, khususnya yang tergolong dalam kelompok dermatofita. Dermatofita merupakan jenis jamur yang menyerang lapisan tanduk pada kulit dan menimbulkan infeksi jamur seperti kurap atau kutu air.

6. Bermanfaat untuk penyembuhan penyakit gusi

Daun serai memiliki sifat antimikroba dan anti inflamasi sehingga efektif untuk melawan bakteri penyebab penyakit gusi. Kandungan dalam tanaman ini bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan mikroorganisme tersebut.

Selain itu, serai juga memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada jaringan penyokong gigi ini. Kamu bisa mendapatkan manfaat tersebut dengan menggunakan larutan kumur mengandung minyak esensial dari serai.

7. Meningkatkan jumlah sel darah merah

Terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi rutin teh daun serai selama 30 hari dapat meningkatkan konsentrasi hemoglobin, volume sel darah merah, dan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

Mekanisme temuan ini belum diketahui secara pasti. Namun, para peneliti menduga bahwa hal tersebut berkaitan dengan kandungan antioksidan pada teh dan daun serai.

Cara Membuat Teh Daun Serai

Kamu bisa membuat teh daun serai dengan bahan dan cara yang mudah - OkayDoc

Teh daun serai kini bisa didapatkan dengan mudah di pasaran. Tapi, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk membuat teh daun serai:

Potong serai sepanjang 3-5 cmRebus air hingga mendidihTuangkan air mendidih ke dalam teko berisi seraiBiarkan serai berada dalam air setidaknya selama 5 menitSaring cairan dari potongan serai, lalu tuang ke dalam cangkir

Mulailah dengan mengonsumsi satu cangkir teh daun serai setiap hari. Jika tidak terdapat efek samping maupun reaksi alergi, kamu dapat menambah konsumsinya sesuai selera.

Seperti tanaman herbal pada umumnya, daun serai juga harus dikonsumsi dalam jumlah sewajarnya. Hal ini bertujuan agar kamu bisa memperoleh manfaat daun serai untuk kesehatan dengan aman tanpa efek yang berbahaya.

Kamu juga bisa mendapatkan manfaat tersebut dengan menambahkan daun serai dalam sup atau hidangan tumis yang kamu konsumsi. Menu makanmu tidak hanya terasa lezat, tapi juga menyehatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar