Kamis, 27 September 2018


Menakjubkan! Ini Manfaat Ekstrak Biji Pepaya


Viralkan — Seringkali kita mengonsumsi buah pepaya namun membuang bijinya begitu saja. Padahal, ekstrak biji pepaya memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan. Salah-satunya adalah untuk menyingkirkan racun-racun yang menumpuk di usus dan lever kita.

Foto: Pixabay

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa racun yang masuk ke dalam tubuh bisa menumpuk hingga delapan kilogram dalam usus kita. Namun demikian, ekstrak biji pepaya mampu melindungi ginjal dari racun yang memicu masalah pada ginjal. Selain itu, biji pepaya juga mampu membunuh parasit yang bersarang dalam pencernaan.

Dikutip dari Club Diet Sehat bersama dr. Wahyu Triasmara, biji pepaya mengandung zat antikolesterol yang hebat. Mengonsumsi biji buah pepaya juga bermanfaat sebagai anti-oksidan dalam darah.

Ini teruji dalam penelitian mengenai jus biji buah pepaya, secara signifikan dapat menurunkan kadar kolesterol dan LDL (lipoprotein densitas rendah), serta meningkatkan kadar HDL. Ekstrak biji pepaya ini memiliki kandungan alkaloid, flavonoid, tanin, saponi anthraquinones, dan anthocyanosides.

Dengan adanya kandungan ekstrak tersebut, biji pepaya mempunyai efek hipolipidemia dan anti-oksidan dalam darah yang luar biasa. Efek hipolipidemia ini, sangat berguna bagi terapi alternatif hiperlipidemia yang disebabkan adanya lemak nabati atau kolesterol dalam jumlah terlalu tinggi.

Adapun, saponin yang ada dalam biji pepaya, bermanfaat untuk menurunkan aktivitas kolesterol serum seperti aksi resin, yaitu dengan mengurangi sirkulasi enterohepatik asam empedu. Melalui penghambatan reaksi oksidasi kolesterol LDL ini dapat menurunkan kadar kolesterol darah.

Kandungan fitokimia memiliki peran aktif bagi pencegahan penyakit. Sementara, flavonoid merupakan anti-oksidan yang dapat menangkap radikal bebas. Lalu, bagaimana cara untuk bisa mengonsumsi biji pepaya yang menyehatkan itu?

Ada dua cara untuk mengonsumsi biji pepaya. Pertama, biji pepaya diblender dan disajikan seperti kita membuat jus. Kedua, dengan mengeringkannya, dan memblendernya, sebelum kemudian menyeduhnya seperti kita menyeduh kopi.

Untuk cara kedua, begini langkah yang harus dilakukan.

Cuci biji pepaya, lantas jemur 2—3 hari.Setelah kering, blender/tumbuk biji pepaya tersebut hingga jadi serbuk.Ambil satu sendok teh serbuk dan campur dengan satu gelas air hangat. Bisa dicampurkan dengan madu atau sedikit gula agar rasanya lebih nikmat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar