Selasa, 11 September 2018

 Pemakai High Heels Harus Rajin Olahraga Agar Kaki Tidak Nyeri 

 Pemakai High Heels Harus Rajin Olahraga Agar Kaki Tidak Nyeri 


Banyak perempuan yang gemar memakai high heels, bahkan untuk sekadar jalan-jalan ke mal. Karena, mereka meyakini bahwa kaki jadi terlihat seksi, dan tinggi badan yang bertambah bisa meningkatkan rasa percaya diri.

Namun ahli penyakit kaki Dr. Suzanne Levine mengatakan, kalau ingin memakai high heels Anda harus disiplin dan mempersiapkan diri. Apa maksudnya?

High heels memberi kesan seksi. (Sumber: People)"Anda harus rutin berolahraga kalau mau memakai high heels. Kebanyakan orang tidak bersedia melakukannya, itu masalahnya," kata dokter yang berpraktik di Institute Beaute, New York City, ini.

Dia mengatakan, orang tidak bisa memakai high heels jika tubuhnya tidak fit. "Anda harus menaruh perhatian pada tubuh. Kalau Anda memakai hak tinggi tapi tidak pernah berolahraga, Anda bisa cidera," katanya.

Hanya orang yang rajin olahraga yang bisa memakai high heels sambil menggendong anak dan membungkuk. (Sumber: IB Times)Keharusan berolahraga ini berawal dari kondisi kaki yang terjadi jika memakai hak tinggi. Memakai hak tinggi secara rutin bisa memengaruhi otot-otot kaki sepanjang waktu. Ketika Anda menjinjit, otot-otot betis memendek dan akan tetap dalam kondisi seperti itu jika Anda terus memakainya.

Hak tinggi juga mengganggu keseimbangan tubuh, karena memberi tekanan ekstra pada pergelangan dan otot-otot kaki. Otot-otot kaki inilah yang menjaga Anda tetap stabil saat berjalan. Itu sebabnya kaki dan telapaknya terasa sakit setelah seharian memakai high heels.

Banyak efek buruk saat memakai high heels. (Sumber: The Independent)Memakai sepatu berhak tinggi juga membutuhkan banyak otot untuk menyatu untuk membantu menjaga keseimbangan tubuh. Kalau otot-otot pusat Anda lemah, hal ini bisa menimbulkan ketegangan pada bagian tubuh lain seperti punggung bagian bawah. Akibatnya, masalah nyeri punggung yang sudah ada bisa makin parah.

Untuk mencegah kondisi ini, Anda perlu latihan meregangkan dan memanjangkan otot-otot. Anda juga perlu menguatkan otot-otot bokong (glutes) dan paha belakang (hamstring) untuk memastikan Anda dapat berjalan dengan stabil dan memiliki penyokong tubuh yang baik.

Lakukan latihan peregangan pada hamstring. (Sumber: Livestrong)

Gerakan peregangan, pemijatan, dan penguatan yang Anda lakukan diharapkan bisa membuat otot-otot kaki lebih lentur dan kuat sehingga pakai sepatu high heels pun serasa pakai sneakers....

Cover image: Spectator Health

Tidak ada komentar:

Posting Komentar