Kamis, 13 September 2018

Pengobatan Rumahan yang Manjur Redakan Nyeri Akibat Impaksi Gigi

6 Pengobatan Rumahan yang Manjur Redakan Nyeri Akibat Impaksi Gigi

Pertumbuhan gigi tidak hanya sebatas saat masih usia anak-anak saja. Ya, Anda masih bisa mengalami tumbuh gigi, khususnya gigi geraham bungsu, ketika telah memasuki usia dewasa. Kebanyakan orang yang mengalami kasus ini mengeluhkan rasa sakit minta ampun, karena susunan gigi yang tumbuh tidak normal. Kondisi ini dikenal dengan nama impaksi gigi. Lantas, adakah pengobatan impaksi gigi yang bisa meredakan sakitnya?

Apa saja pilihan pengobatan impaksi gigi?

Impaksi gigi adalah pertumbuhan gigi geraham bungsu (gigi geraham ketiga) ke arah yang salah. Normalnya, gigi akan tumbuh lurus ke atas sejajar dengan gigi lainnya. Namun dalam kasus ini, gigi geraham bungsu justru tumbuh miring seolah seperti sedang “berbaring” ke gigi sebelahnya, atau bahkan sulit keluar sehingga terperangkap di dalam gusi.

Jalan terakhir untuk mengobati impaksi gigi yakni dengan melakukan operasi gigi geraham bungsu. Itu sebabnya, impaksi gigi tidak bisa dianggap sepele karena selain mengganggu proses tumbuh gigi, rasa nyeri yang ditimbulkan juga akan membuat Anda tidak nyaman.

Sebenarnya nyeri ini bisa hilang timbul dengan sendirinya, tapi tidak ada salahnya untuk melakukan beberapa pengobatan impaksi gigi guna meredakan rasa sakit dan membuat gigi terasa lebih nyaman.

1. Kompres dingin

Sumber: Health Ambition

Anda bisa mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan akibat impaksi gigi dengan mengompres bagian rahang menggunakan es batu. Pasalnya, es punya efek mati rasa bila didiamkan pada daerah yang nyeri untuk beberapa waktu.

Jangan lupa untuk membungkus es menggunakan handuk terlebih dahulu sebelumnya, lalu diamkan pada bagian rahang yang nyeri selama kurang lebih 15 menit.

2. Kumur air garam

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of the Indian Society of Pedodontics and Preventive Dentistry, menemukan bahwa berkumur menggunakan air garam bisa membantu mengurangi bakteri jahat di dalam mulut.

Berkumur dengan air garam diyakini mampu jadi pengobatan impaksi gigi karena dapat meredakan rasa nyeri yang bisa disebabkan oleh penumpukan bakteri di sekitar gigi dan gusi. Air garam bertugas sebagai disinfektan alami yang bantu meredakan infeksi.

Cara membuatnya pun mudah, Anda hanya perlu melarutkan garam secukupnya dalam segelas air hangat. Berkumurlah selama dua atau tiga kali sehari, sampai rasa sakit membaik.

3. Mengunyah bawang merah

Bawang merah telah lama dikenal memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba. Alasan inilah yang membuat bawang merah dipercaya dapat mengurangi peradangan, sekaligus melawan infeksi bakteri akibat impaksi gigi.

Sebelum memakai, potong bawang hingga berukuran cukup kecil. Setelah itu, kunyah bawang di bagian mulut yang sakit selama beberapa menit sampai rasa nyeri mulai berkurang, lalu buang. Air sari dari bawang merah akan meresap masuk ke dalam gusi selama proses pengunyahan.

4. Pakai cengkeh

Selain sebagai bumbu masakan, cengkeh juga berguna untuk obat pereda nyeri pada gigi geraham bungsu. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Dentistry, bahwa cengkeh punya sensasi mati rasa yang bisa membantu mengurangi rasa sakit.

Anda bisa memanfaatkan cengeh yang masih utuh, ataupun yang sudah berbentuk minyak. Jika pakai cengkeh utuh, Anda tinggal meletakkan cengkeh di atas gigi yang mengalami impaksi tanpa harus dikunyah. Sementara untuk minyak cengkeh, teteskan beberapa kali minyak di atas kapas dan letakkan pada gigi geraham bungsu yang sakit.

5. Kantong teh celup

Kantong teh celup ternyata mengandung tanin yang memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi, menurut penelitian yang dilakukan oleh American Chemical Society tahun 2016. Dengan kata lain, kantong teh celup dinilai mampu membantu mengurangi peradangan dan melawan infeksi bakteri pada impaksi gigi.

Sebisa mungkin, gunakan kantoh teh celup dingin yang telah didiamkan dalam lemari es sebelumnya. Selanjutnya, tempatkan kantong teh di bagian gigi yang mengalami impaksi.

6. Minum obat

Pengobatan rumahan lainnya yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi nyeri impaksi gigi adalah dengan minum obat pereda nyeri yang dijual di apotek, seperti ibuprofen. Penting untuk mematuhi aturan minum yang tertera di bungkus obat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar