Senin, 22 Oktober 2018

4 Bahan Alami untuk Obati Infeksi Saluran Kencing

4 Bahan Alami untuk Obati Infeksi Saluran Kencing

Viralkan Infeksi saluran kencing rentan dialami wanita. Selain menyebabkan rasa panas atau perih saat buang air kecil, dengan baik dapat menyebabkan demam hingga nyeri panggul. Kondisi ini akan terus bertambah parah bila terus dibiarkan. Idealnya, obat infeksi saluran kencing terbaik adalah antibiotik yang diresepkan oleh dokter Anda. Namun, beberapa bahan alami yang mungkin sudah ada di dapur Anda bisa membantu proses pemulihannya tanpa efek samping. Apa saja?

Daftar obat infeksi saluran kencing alami

Berikut beberapa bahan alami yang bisa dijadikan obat infeksi saluran kencing alami untuk mempercepat proses pemulihan kondisi Anda:

Asparagus

Meski mungkin jarang Anda dengar namanya, asparagus sudah biasa dijadikan alternatif alami obat infeksi saluran kencing di berbagai belahan dunia. Dilansir dari Live Strong, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam African Journal of Traditional, Complementary and Alternative Medicine pada tahun 2008 melaporkan kandungan bahan aktif dalam asparagus bertindak sebagai antibakteri yang bekerja melawan bakteri penyebab infeksi saluran kemih. Penelitian ini juga menemukan bahwa akar asparagus membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda bisa mencoba mengonsumsi asparagus dengan mengolahnya menjadi jus atau sebagai sayur lauk makan.

Daun peterseli

Manfaat asparagus di atas bahkan ditemukan berlipat ganda ketika dikombinasikan dengan daun peterseli. Keduanya bekerja mengurangi pembengkakan pada saluran kemih dan memperbaiki fungsinya dengan mengurangi radikal bebas yang menyebabkan peradangan serta kerusakan sel.

Dikonsumsi sendirian, daun ini berfungsi sebagai diuretik yang dapat meningkatkan jumlah urin sehingga memungkinkan bakteri keluar dari saluran kemih. Anda bisa menggunakan peterseli segar atau peterseli kering yang dicampurkan dengan air dan dipanaskan. Diamkan selama enam sampai sepuluh menit, kemudian saring daunnya dan minum rebusan air tersebut.

Makanan fermentasi

Sebuah penelitian yang dipubikasikan di Indian Journal of Urology bahwa bakteri baik dalam usus bisa membantu memerangi bakteri jahat penyebab infeksi. Untuk memperbanyak koloni bakteri baik, konsumsilah makanan probiotik, seperti yogurt, kefir, kimchi, atau keju.

Buah beri, apel, atau persik

Buah beri, apel, atau persik mengandung jenis gula sehat yang bernama d-mannose. D-mannose membantu melipatgandakan koloni bakteri baik dalam tubuh untuk melawan bakteri jahat penyebab infeksi.

Tubuh manusia sebenarnya mampu memproduksi sendiri gula alami ini, namun jumlahnya tidak mencukupi sebagai obat infeksi saluran kencing. Pasalnya, sebagian besar dosis d-mannose cepat dibuang lewat urin. Maka Anda harus mendapatkannya lewat asupan makanan.

Ingat: Sebelum menggunakan obat-obatan herbal atau suplemen sebagai obat infeksi saluran kencing, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter untuk mencari tahu dosis yang aman untuk Anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar