Jumat, 05 Oktober 2018

Beragam Manfaat Daun Sirih Merah dan Sirih Hijau Bagi Kesehatan serta Kecantikan

Beragam Manfaat Daun Sirih Merah dan Sirih Hijau Bagi Kesehatan serta Kecantikan


Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan Dan Kecantikan. (Foto: Shutterstock)

   

Manfaat daun sirih merah dan sirih hijau bagi kesehatan dan kecantikan begitu beragam serta banyak sekali jumlahnya.

Viralkan - Daun sirih memiliki banyak manfaatkesehatan dan kecantikan sejak dari zaman dahulu kala.


Tanaman yang tumbuh menyulur dan memiliki daun lebar ini kaya akan kandungan SaponinTanninEugenol, dan berbagai jenis minyak esensial.

Semua kandungan minyak esensial itu menjadikan manfaat daun sirih bagi kesehatan dan kecantikan begitu beragam dan tak terhitung jumlahnya.

Khasiat daun sirih yang paling terkenal sejak zaman dahulu adalah sebagai pembersih kewanitaan. Selain itu, manfaat daun sirih untuk kecantikan kulit sudah tak diragukan lagi.

Manfaat daun sirih lainnya juga banyak, seperti mengatasi mimisan, mengobati gusi berdarah, menyembuhkan gatal pada kulit, dan sebagainya.

Daun sirih dikenal akan sifat anti-septik, anti-inflamasi, dan pendingin kulit. Jika dimakan atau diminum air rebusannya, manfaat daun sirih juga akan terasa untuk organ-organ tubuh.

Kali ini Dream akan mengulas tentang berbagai manfaat daun sirih merah maupun sirih hijau bagi kesehatan dan kecantikan serta penyakit dalam yang dirangkum dari berbagai sumber.


Manfaat daun sirih merah

Daun sirih merah sebenarnya memiliki kandungan yang tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan sirih hijau. Hanya saja daun sirih merah masih diperkaya dengan flavonoid. Karena itulah manfaat daun sirih merah lebih banyak dan beragam.

Berikut ini beberapa manfaat daun sirih merah bagi kesehatan, seperti dilansir dari laman DrHealthBenefits.com.

1. Menghentikan mimisan

Manfaat daun sirih merah yang banyak diandalkan orang-orang tua zaman dahulu adalah untuk menghentikan mimisan. Kandungan fenil poppies dan terpene pada sirih merah sangat membantu dalam menghentikan pendarahan pada hidung. Cukup gulung selembar sirih merah, kemudian masukkan ke lubang hidung yang mimisan.

2. Pengobatan tukak lambung

Daun sirih merah memiliki kandungan vitamin C serta zat anti-septik yang mampu melawan kuman yang menyebabkan tukak lambung. Kunyah 1-2 lembar daun sirih merah, kulum selama 10 menit, kemudian dibuang. Lakukan minimal 2 kali sehari.

3. Pengobatan luka bakar ringan

Manfaat daun sirih merah juga untuk pengobatan luka bakar ringan. Alkaloid, antioksidan, dan vitamin C pada sirih merah akan membantu meredakan peradangan di area kulit yang terbakar. Hancurkan 3-5 daun sirih merah, kemudian campur dengan 2 sendok teh madu, dan letakkan di kulit yang terbakar 2 kali sehari.

4. Obat gusi berdarah

Gusi kamu berdarah? Manfaatkan daun sirih merah untuk mengatasinya. Kandungan saponin, tanin, kalsium, dan mineral fosfor dalam daun sirih merah akan meredakan peradangan pada gusi berdarah. Rebus 10 lembar daun sirih merah dan gunakan airnya untuk kumur 3 kali sehari.

5. Obat bronchitis

Manfaat daun sirih merah bagi kesehatan selanjutnya adalah mengobati bronchitis. Rebus 6-10 lembar daun sirih dalam 300 ml air sampai airnya tinggal separuh. Minum secara teratur 3 kali sehari.

6. Mengobati sakit perut

Daun sirih merah juga berkhasiat untuk mengobati sakit perut. Kandungan terpenoid dan klavikula pada daun sirih merah bisa mengobati sakit perut. Minum air rebusan 7 lembar daun sirih dan 3 kali sehari untuk menyembuhkan gangguan pada perut.

7. Obat gatal karena alergi dan gigitan serangga

Gatal karena alergi dan gigitan serangga bisa diatasi dengan daun sirih merah. Siapkan rebusan 20-30 lembar daun sirih merah, lalu gunakan untuk mandi 2 kali sehari.

8. Obat inflamasi prostat

Manfaat daun sirih merah bagi kesehatan berikutnya adalah sebagai obat inflamasi prostat. Kandungan tanin, saponin, dan hydroxychavicol akan meregenerasi sel-sel di kelenjar prostat. Rebus 3-7 lembar daun sirih merah yang masih muda dan minum air putih sebanyak 3 kali sehari.

3 dari 6 halaman

9. Obat tekanan darah tinggi

Daun sirih merah juga berkhasiat sebagai obat tekanan darah tinggi. Minyak esensial dan fenol dalam daun sirih merah akan menstabilkan tekanan darah. Campurkan air rebusan daun sirih merah dengan madu, kemudian minum 2 kali sehari.

10. Obat batuk

Terserang batuk yang tidak sembuh-sembuh? Manfaatkan saja daun sirih merah sebagai obat batuk alami. Siapkan 5 lembar daun sirih merah, rebus dengan 300 ml air, kemudian minum 2 kali sehari.

11. Pengobatan payudara bengkak

Daun sirih dapat mengobati payudara bengkak setelah menyusui. Senyawa allylprokatecol dan carvacrol akan membantu meregangkan otot-otot payudara yang meradang. Bakar daun sirih merah sampai layu dan tempelkan pada payudara yang bengkak selagi masih hangat.

12. Mengobati tumor

Manfaat daun sirih merah untuk penyakit dalam adalah mengobati tumor. Senyawa antioksidan, flavonoid, dan terpenoid yang ada di sirih merah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketika sistem kekebalan meningkat, maka sel-sel darah putih tubuh akan dapat menghancurkan zat-zat karsinogenik atau tumor berbahaya dari tubuh.

13. Perawatan diabetes

Konsumsi rebusan daun sirih merah sangat bermanfaat untuk melawan diabetes. Kandungan terpenoid, klavikula, eugenol, dan pyrene pada daun sirih merah akan membantu kinerja insulin dalam mengatur kadar gula darah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar