Senin, 29 Oktober 2018

masakan khas Betawi, oblok ayam 

masakan khas Betawi, oblok ayam

Viralkan - Kuliner Indonesia memiliki ragam jenisnya. Salah satunya masakan khas Betawi, oblok ayam. Makanan berkuah yang mirip dengan gulai ini memiliki rasa yang khas. Ini merupakan masakan khas Betawi yang legendaris.

Biasanya menu oblok ini menggunakan bahan utama entog, semacam bebek yang memiliki leher tidak terlalu panjang. Tapi karena sekarang agak susah mendapatkannya, jadi banyak beralih ke bebek dan ayam.

Namun rasanya pun tidak ada bedanya, hanya saja bahan utamanya yang berbeda. Perpaduan cita rasa yang unik yaitu pedas, asam, dan gurih cocok sekali disantap dengan nasi putih hangat.

''Oblok ini rasanya enak, bumbunya kuat, kental serasa pakai santan tapi tidak menggunakan santan, bikin agak pedas dan pas makan bumbunya disiramin di atas nasi huiii mantap, sayurnya pakai daun singkong rebus, berasa makan nasi padang. Betawi rasa Padang nih,'' tulis Instagram @dapoer_sriwidi, Senin (29/10/2018).

Ingin tahu apa saja resep lengkap dan cara membuat oblok ayam? Berikut ulasan.

Bahan:

500 gr ayam
2 lembar daun jeruk, sobek
2 lembar daun salam, sobek
1 btg sereh, geprek
1/2 sdm asam Jawa, seduh dengan sedikit air
400 ml air
Secukupnya garam, gula, kaldu jamur, Minyak goreng

Bumbu Halus:

5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
2 butir kemiri
1 buah cabai merah besar
4 buah cabai kecil
1 ruas kunyit
4 cm jahe
4 cm lengkuas
1 sdt ketumbar bubuk
1 sdt merica bubuk

Cara Membuat:

1. Tumis bumbu halus, sereh, daun salam, dan daun jeruk sampai bumbu matang lalu masukkan ayamnya, aduk sebentar lalu tuang air.

2. Masak hingga air menyusut boleh sambil ditutup wajannya, aduk sesekali, sudah agak susut airnya, beri air asam Jawa, bubuhi gula, garam, kaldu jamur, aduk rata. Koreksi rasanya.

3. Sajikan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar