Rabu, 17 Oktober 2018

Latih Kecerdasan Bayi Dengan Stimulasi Sensori


Latih Kecerdasan Bayi Dengan Stimulasi Sensori



instagram.com/reisabrotoasmoro

Menurut Reisa, kecerdasan bayi dapat dipengaruhi oleh pemberian stimulasi multisensori yang dilakukan orangtua

Tahukah Moms, pada dasarnya Si Kecil sudah mulai mengalami tumbuh kembang sejak ia masih berada di dalam kandungan.

Tumbuh kembang itu terus berlanjut hingga ia dilahirkan ke dunia, tapi dalam tahap ini, Si Kecil pun harus bisa beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Agar Si Kecil dapat berdaptasi dengan baik, maka dibutuhkan pemberian dari orangtua, yang mana salah satu terbaik adalah multisensori.

multisensori adalah serangkaian latihan yang diberikan Moms untuk merangsang ketajaman fungsi .

Menurut seorang dokter seleb, , multisensori sudah dapat diberikan oleh orangtua sejak pertama kali dilahirkan ke dunia.

'' sensori ini sangat penting dilakukan agar terbentuk kecerdasan multipel atau multiple intelegensia,'' kata Reisa dalam penjelasannya di instagram.

Namun, Reisa menegaskan jika tingkat perkembangan inteligensi Si Kecil bergantung pada kualitas dan yang diberikan kepadanya.

''Semakin bervariasi rangsangan yang diterima -balita maka semakin kompleks hubungan antar sel-sel otak. Semakin sering dan teratur rangsangan yang diterima, maka semakin kuat maka hubungan antar sel-sel otak tersebut,'' ujar Reisa pada Jumat (12/10/2018).

''Semakin kompleks dan kuat hubungan antar sel-sel orak, maka semakin tinggi dan bervariasi kecerdasan anak di kemudian hari,'' imbuhnya.

Nah, apabila dikembangkan secara terus-menerus, Si Kecil akan mempunyai banyak variasi kecerdasan.

Pemberian kecerdasan pada harus dilakukan secara nyaman, aman, dan menyenangkan.

''Seperti memeluk, menggendong, menatap mata , mengajak tersenyum, berbicara, membunyikan berbagai suara atau musik bergantian,'' ujar Reisa menjelaskan.

''Bisa juga dengan menggulingkan ke kanan-kiri, tengkurap-telentang, dirangsang untuk meraih dan memegang mainan,'' tambah Reisa.

Selain itu, ketika indra penglihatan Si Kecil mulai berkembang, ia akan belajar mengenai koordinasi mata dan tangan, seperti memegang dan meraih objek.

''Untuk meningkatkan kemampuan indra penglihatan Si Kecil sering-seringlah melakukan kontak mata dengannya. Kualitas kontak mata ini sangat penting,'' jelas Reisa.

Sedangkan untuk indra pendengaran, Moms dapat menstimulasinya dengan cara mengajak mengobrol atau menceritakan sesuatu sejak Si Kecil masih dalam kandungan.

Setelah dilahirkan, bisa dengan cara senandungkan lagu pengiring tidur untuk membantu bayi tertidur.

''Indra pendengaran sudah berkembang sejak minggu ke 23 kehamilan. Indra ini berperan penting dalam perkembangan bahasa dan otak,'' kata Reisa menjelaskan.

Nah, untuk Moms yang ingin bayinya dapat tumbuh secara optimal, maka Moms bisa memberikan stimulasi multisensori ini sejak ia masih berada di dalam kandungan.

Jangan lupa juga untuk mengajak serta Dads dan keluarga inti lainnya agar turut membantu memberikan stimulasi pada Si Kecil.

Diskripsi link

Tidak ada komentar:

Posting Komentar